Gejala yang Sebaiknya Tidak Diabaikan Wanita

Perempuan perlu mewaspadai setiap perubahan fisik karena dapat menjadi tanda dari suatu penyakit, khususnya jika mengarah pada gejala kanker. Sedikitnya ada 10 gejala atau perubahan fisik yang bisa mengindikasikan kanker pada perempuan. Melakukan berbagai pemeriksaan rutin, seperti pemeriksaan pap smear dan mammografi sangat penting untuk deteksi dini jika ada perkembangan suatu kelainan atau penyakit.

Ada beberapa gejala yang sebaiknya tidak diabaikan oleh wanita, antara lain:

Read More

1. Perdarahan pascamenopause yang tidak teratur
Pendarahan pascamenopause merupakan tanda peringatan karena dapat mengindikasikan sesuatu seperti polip jinak pada endometrium atau sesuatu yang lebih serius seperti kanker endometrium atau serviks.

2. Keluarnya cairan dari vagina
Cairan kotor dan bau yang keluar dari vagina dapat menjadi tanda dan gejala dari kanker serviks. Cairan tersebut mungkin dapat mengandung darah dan mungkin terjadi antara siklus menstruasi atau setelah menopause. Jika hal tersebut sering terjadi, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

MENARIK:  Mengenal 3 Siklus Kesuburan Agar Cepat Hamil

3. Perubahan payudara
“Jika merasa terdapat benjolan pada payudara, sebaiknya tidak mengabaikan hal tersebut, bahkan jika hasil mammografi normal,” kata Carolyn Runowicz, MD, seorang profesor kebidanan dan ginekologi dari Florida International University’s Herbert Wertheim College of Medicine dan mantan presiden dari American Cancer Society.

4. Perut sering merasa kembung
Kanker ovarium memiliki gejala yang jelas, salah satunya yang paling sering terjadi adalah kembung. Gejala lainnya di antaranya, perubahan pada kebiasaan usus atau kandung kemih, seperti kencing lebih sering. Selain itu juga dapat terjadi gejala yaitu nyeri panggul.

5. Perdarahan rektal
Kanker usus besar adalah urutan ketiga kanker yang paling sering terjadi pada wanita. Darah merah atau gelap yang menyertai feses, harus mendapatkan perhatian. Jika mengalami berak darah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pap pepek,keluar di mulut,alat coli,sd mulus,cara membuat vagina buatan,pepek anak kecil,nyusuin suami,pepek anak smp,cara bikin vagina palsu,cara membuat vagina palsu