Penyakit Mimisan pada Anak

Hal yang wajar apabila terjadi panik ketika melihat darah mengalir dari hidung sang buah hati tercinta. Namun, akan lebih baik bila segera bertindak untuk mengobati mimisan ini. Bila perlu, cari tahu apa penyebab mimisan pada anak guna memperkecil risiko si kecil mengalaminya lagi. Penyakit mimisan atau lebih bisa disebut mimisan bisa dialami oleh siapa saja, meskipun lebih sering terjadi pada anak-anak. Perlu diketahui, bahwa di bagian dalam depan rongga hidung kita ada kumpulan pembuluh darah. Kumpulan pembuluh darah ini biasanya lebih rentan pecah, dan menimbulkan perdarahan. Biasanya, pembuluh darah serta sel lendir pada rongga hidung anak tersebut akan lebih kuat setelah ia lulus sekolah dasar.

Ada beberapa penyebab mimisan pada anak:

Benturan pada hidung
Misalnya karena anak terjatuh atau hidungnya terpukul.

Kebiasaan mengorek hidung yang berlebihan
Misalnya karena gatal, atau anak berusaha mengeluarkan kerak hidung yang mengering.

Hidung kemasukan benda asing
Seperti biji-bijian, atau benda kecil lain yang menimbulkan infeksi dan terjadinya perdarahan (biasanya ditandai dengan terciumnya bau busuk dari lubang hidungnya).

MENARIK:  Menantu Perempuan vs Mertua Perempuan

Perubahan cuaca
Misalnya dari bermain di bawah terik matahari lalu masuk ke dalam rumah ber-AC, atau menghadapi perubahan tekanan udara.

Penyakit infeksi
Terutama yang disertai demam tinggi secara mendadak, seperti demam berdarah.

Penyakit darah
Seperti leukemia (kanker darah) dan hemofilia (darah tidak bisa membeku).

Mimisan digolongkan menjadi 2, ringan dan berat. Mimisan ringan apabila sumber perdarahan adalah dari bagian depan rongga hidung. Sementara mimisan yang berat terjadi bila sumbernya dari dalam atau belakang rongga hidung. Mimisan jenis ini harus lebih diwaspadai dan dicari tahu apa penyebabnya. Apabila setelah 10 menit perdarahan masih berlanjut, dan disertai panas, sebaiknya segera bawa anak ke dokter. Karena, bisa jadi ini merupakan indikasi suatu penyakit serius, seperti demam berdarah, tumor ganas pada rongga hidung, kanker darah, atau haemofilia.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

alat coli,sd mulus,cara membuat vagina buatan,pepek anak kecil,nyusuin suami,pepek anak smp,cara bikin vagina palsu,cara membuat vagina palsu,Vagina palsu,pepek anak sd