Jauhi Mamografi Sebelum Menstruasi

 

Jauhi Mamografi Sebelum MenstruasiKetika Anda mengetahui kanker sejak awal sangat berpeluang besar untuk kesembuhan, termasuk kanker payudara. Inilah mengapa untuk deteksi dini kanker payudara sangat disarankan, apalagi untuk mereka yang telah berisiko tinggi.

Salah satu cara yang paling baik untuk mengetahui kanker payudara adalah mamografi. Namun, beberapa orang telah berangggapan jika melakukan mamografi merupakan suatu siksaan. Payudara yang ditekan akan mengakibatkan rasa nyeri sehingga mereka biasanya takut bahkan tak mau untuk melakukannya lagi.

 

Read More

Padahal, rekomendasi para pakar telah mengatakan bahwa mamografi harus dilakukan secara rutin. Selang setahun untuk yang baru pertama kali melakukan, dan dua tahun sekali setelah dua kali pemeriksaan dinyatakan negatif.

Alfiah Amiruddin yang merupakan dokter spesialis bedah konsultan payudara telah mengatakan, ketika menjalani pemeriksaan mamografi, memang benar akan terjadi penekanan pada payudara. Tetapi, kalau dilakukan di saat yang tepat, rasa nyeri bisa saja dihindari.

MENARIK:  Kontrasepsi Bagi Wanita Penderita Kanker Payudara

“Jika timingnya tepat, mamografi tidak akan mengakibatkan rasa nyeri. Timing yang tepat itu bukan satu minggu sebelum menstruasi,” katanya baru-baru ini di Jakarta.

Ia menjelaskan, satu minggu sebelum mendapat haid, hormon di dalam tubuh sedang mengalami kenaikan, sehingga saluran-saluran dan kelenjar-kelenjar susu akan membesar. Ketika hormon mengalami peningkatan, maka akan terjadi retensi cairan yang membuat kulit akan meregang. Nah, inilah yang sebenarnya mengakibatkan rasa sakit.

“Dengan memaksa untuk menekan payudara yang sedang penuh dengan cairan tentu saja akan mengakibatkan rasa sakit. Ini sangat buruk saat mengakibatkan trauma dan menyarankan orang lain untuk tidak melakukan suatu mamografi sebab takut sakit,” ujar dokter dari RS Mitra Kemayoran ini.

Oleh sebab itu, Alfiah menghimbau agar supaya mamografi bisa dilaksanakan sekitar satu minggu setelah menstruasi. Pada saat itu, hormon sudah turun dan cairan pada payudara sudah berkurang jauh. Sehingga lebih terasa nyaman ditekan ketika menjalani suatu pemeriksaan.

 
 

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

posisi jitu biar bisa kentut setelah saecar,tali pusar lama lepas primbon,waktu tali pusar primbon,Apakah boleh memasang kb imlan saat halangan,posisi bagaimana biar cepet kentut pasca operasi saecar,pepek tua,mengeringkan asi dengan minyak kayu putih,cara membuat vagina palsu yang praktis,cara membuat vagina buatan dari sarung tangan karet medis,vagina buatan dari sarung tangan karet medis