Menstruasi Pertama Menandai Perubahan Besar Dalam Kehidupan Seorang Gadis

Menstruasi pertama atau menarche adalah hal yang wajar yang pasti dialami oleh setiap wanita normal dan tidak perlu digelisahkan. Bila hal itu tidak terjadi, baru kita perlu gelisah. Menstruasi adalah tanda bahwa siklus masa subur telah dimulai. Menstruasi terjadi saat lapisan dalam dinding rahim luruh dan keluar dalam bentuk yang dikenal dengan istilah darah menstruasi. Dalam keadaan normal, setiap bulan seorang wanita yang telah memasuki usia subur akan melepaskan satu sel telur (ovum). Ovum akan dihasilkan dan dilepaskan oleh indung telur (ovarium). Ovum yang dilepaskan tersebut akan berjalan masuk ke dalam rahim melalui saluran telur.

Bila pada saat itu ada sel sperma yang masuk dan bertemu, dapat terjadi pembuahan yang berlanjut menjadi kehamilan. Untuk mempersiapkan kehamilan yang mungkin terjadi, dinding rahim akan menebal. Penebalan yang disebabkan oleh faktor hormonal ini berguna agar rahim siap menerima mudigah yang akan tertanam di sana. Bila kehamilan tidak terjadi, kadar hormon (yang membuat rahim menebal) akan turun. Akibatnya dinding rahim sebelah dalam akan luruh, dan terjadilah menstruasi. Usia saat menarche Ada yang berusia 12 tahun saat ia mendapat mens pertama kali, tapi ada juga yang 8 tahun sudah memulai siklusnya. Bagaimana bila usia 16 tahun baru mendapat mens? Itu pun bisa saja terjadi.

MENARIK:  Gejala yang Sebaiknya Tidak Diabaikan Wanita

Read More

Usia saat seorang anak perempuan mulai mendapat mens sangat bervariasi. Terdapat kecenderungan bahwa saat ini anak mendapat mens yang pertama kali pada usia yang lebih muda. Tidak teratur? Mens yang terjadi di saat-saat awal memang cenderung tidak teratur. Pertama kali datang, bulan berikutnya bisa saja menghilang. Hal ini normal. Seiring dengan bertambahnya usia, menstruasi akan datang secara teratur setiap bulannya. Istilah setiap bulan pun sebenarnya agak rancu. Setiap bulan di sini bukan berarti kalau sekarang tanggal 1 maka bulan depan pun harus tanggal 1. Ada orang yang selalu maju 2 hari. Misalnya bulan lalu tanggal 28, bulan ini tanggal 26. Yang lain malah mundur. Hal ini tergantung dari siklusnya. Tubuhku kok berubah?

Tidak perlu malu atau cemas. Hal itu justru menunjukkan bahwa kamu sudah beranjak dewasa. Berbagai perubahan itu mempersiapkan dirimu untuk hidup dalam lingkungan dewasa. Kamu kan sudah bukan anak-anak lagi. Banyak perubahan yang sedang dan akan terjadi pada tubuhmu. Contohnya, kebanyakan wanita akan bertambah berat badannya. Itu wajar. Tubuhmu kini tengah menyimpan lemak untuk mempersiapkan berbagai perubahan baru. Jangan takut gemuk. Pertambahan berat itu memang kamu butuhkan sebagai bagian normal dari perubahan menjadi seorang wanita dewasa. Jadi, jangan karena takut berat badanmu bertambah lalu kamu melakukan diet ketat pantang makan ya. Alih-alih menguntungkan, diet ketatmu bisa merusak kesehatan. Siklus menstruasi Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan bahwa menstruasi pertama yang datang hanya merupakan sebuah bagian kecil dari peristiwa besar yang disebut siklus menstruasi. Saat kamu telah mengalami siklus menstruasi, itu artinya tubuh kamu sudah memiliki hormon yang diperlukan untuk proses reproduksi. Hormon itu pula yang akan mempengaruhi berbagai perubahan bentuk tubuhmu termasuk perkembangan dari payudara.

Menstruasi Pertama

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

cara membuat vagina buatan,sd mulus,pepek anak kecil,alat coli,nyusuin suami,pepek anak smp,cara bikin vagina palsu,cara membuat vagina palsu,Vagina palsu,pepek anak sd