Cara Menentukan Masa Subur

Loading...

Program hamil sebaiknya dilakukan di saat masa subur wanita. Salah satu cara menghitung perkiraan masa subur (siklus teratur) adalah masa interval haid dikurangi 14 hari. “Jadi perkiraan masa suburnya adalah 14 hari sebelum haid berikutnya. Kalau siklusnya 30 hari, masa suburnya jatuh di hari ke-16.” Dan masa subur tersebut, ujar Judi, sangat singkat. “Kurang lebih 23 jam.” Tak heran untuk menentukan masa subur tersebut sering dijumpai kesulitan. “Selain waktunya pendek, juga kapan datangnya tidak diketahui. Kebanyakan siklusnya tak teratur, sehingga sulit untuk memperkirakan masa suburnya.”

Untuk itu diperlukan pemeriksaan dengan USG serial. Yaitu USG untuk memperkirakan masa subur dengan cara melakukan pemantauan telur. “Dengan USG serial ini akan dapat diprediksi, kapan telur akan pecah dalam waktu 36 jam. Umumnya sel telur akan pecah pada diameter 18-20 mm (pada siklus normal). Nah, saat itulah, silakan mereka melakukan senggama berdasarkan perhitungan waktu yang tepat.” Kendati demikian, program hamil akan dicoba dulu dengan cara alami selama 3 kali. “Biasanya dengan senggama biasa, yang dilakukan pada masa subur wanita.” Kalau dicoba 3 kali atau 3 bulan tetap saja tak membuahkan hasil alias tak kunjung hamil, maka upaya bisa ditingkatkan ke tahap berikutnya. Tahap itu adalah inseminasi buatan dengan sperma suami atau AIH (artificial insemination by husband). Sperma suami disuntikkan ke dalam rahim. Cara ini bisa dicoba hingga 3 kali.

Jika cara inseminasi buatan tak berhasil juga, maka bisa dianjurkan dengan cara bayi tabung. “Tapi sebelumnya akan dilakukan tindakan laparoskopi diagnostik. Yaitu, peneropongan untuk melihat masalah di dalam rahim. Jika ditemukan kelainan, akan dilakukan tindakan laporoskopi operatif/minimally operative surgery. Jika semuanya normal dan baik-baik saja, kok, tetap saja tidak kunjung hamil, tentu ada penyebab lainnya. Terkadang bisa saja hal ini disebabkan endometriosis peluik. Yaitu, endometriosis yang masih berbentuk bercak, yang belum jadi kista. Endometriosis ini kadang tidak bisa didiagnosis dengan USG, karena menempel di rongga perut. “Bahkan, si wanita itu sendiri tidak mengalami keluhan apa-apa. Nyeri haid pun tidak.” Nah, endometriosis ini harus dibereskan dulu sebelum dilakukan cara bayi tabung. “Karena untuk pembuatan bayi tabung, semuanya harus baik. Pembuatan bayi tabung, kan, mahal sekali biayanya.” Jika memang ditemukan gangguan kesuburan, sebaiknya Anda berdua mengkonsultasikan dengan dokter yang menangani.