Keuntungan Memilih Dokter Ahli Feto-maternal

Loading...

Dokter ini, juga disebut perinatolog atau ahli obstetrik risiko tinggi, dilatih untuk memberi perawatan bagi kehamilan risiko sangat tinggi. Mereka khusus berkonsentrasi pada kehamilan dan bayi yang belum dilahirkan, berurusan dengan komplikasi berat yang timbul. Ketika wanita dengan masalah medis yang berat hamil, dokter sering mengkonsulkan pasien pada dokter ahli feto-maternal dengan tujuan memberikan perawatan optimal bagi si ibu dan janinnya. Sebagian besar wanita tidak memerlukan pelayanan dari dokter ahli feto-maternal karena sebagian besar kehamilan merupakan keadaan yang biasa (tidak bermasalah).

Dokter ahli feto-maternal biasanya bekerja dalam sebuah praktek bersama, berfungsi sebagai konsultan dari pada pemberi pelayanan strata pertama kebidanan. Mereka biasanya bekerja di rumah sakit, universitas, atau klinik.

Keuntungan:

  • Akrab dengan masalah komplikasi kehamilan dan ahli dalam mengenali adanya keadaan abnormal
  • Cenderung kurang terlibat dengan para pasiennya dibanding dokter keluarga, dokter obsgin, dan bidan, walau tidak selalu demikian
  • Mengetahui pendekatan terkini untuk mendiagnosis dan memberikan terapi terhadap masalah kebidanan/obstetri
MENARIK:  Hal yang Harus Dilakukan Dalam Merangsang Kemajuan anak

Dokter ahli feto-maternal jarang berperan sebagai penyedia jasa layanan kesehatan primer bagi wanita hamil.

Anda dapat memilih seorang dokter ahli feto-maternal jika:

  • Anda memiliki kondisi medis yang menimbulakan komplikasi kehamilan, seperti penyakit menular, penyakit jantung, ginjal, atau kanker.
  • Pada kehamilan Anda sebelumnya pernah timbul komplikasi serius atau gugur kandungan berulang
  • Anda memiliki riwayat komplikasi medis dalam keluarga, yang memerlukan teknik pemeriksaan atau intervensi diagnosis prenatal, seperti pengambilan sampel dari vilus korionik (vilus korionik: salah satu bagian penyusun plasenta) atau bedah janin.
  • Anda diketahui membawa kelainan genetik yang berat yang dapat dibawa oleh janin Anda
  • Janin Anda sebelum lahir telah didiagnosis memiliki kelainan, seperti spina bifida.