Semakin Lama Memberi ASI Semakin Banyak Manfaat Bagi Bayi

Loading...

Apakah Anda tahu bahwa semakin lama Anda memberi ASI pada bayi Anda, akan semakin banyak manfaat yang diperoleh? Para ahli mengatakan bahwa paling tidak ibu-ibu diharapkan untuk dapat memberikan ASI selama kurang lebih satu tahun. Para peneliti menemukan bahwa dewasa ini mayoritas ibu-ibu baru telah memilih untuk memberikan bayi mereka asupan nutrisi lengkap dalam bentuk ASI. Namun sayangnya pemberian ASI dihentikan lebih awal daripada yang seharusnya. Hal ini membuat sebagian besar dokter menilai bahwa kecukupan nutrisi bayi belum terpenuhi secara optimal bagi kesehatannya. Bagi sebagian orang, menyusui di tempat umum tidaklah semudah yang dibayangkan atau diharapkan. Dengan kondisi lingkungan yang sedemikian padat, dan banyaknya orang yang lalu lalang tentu membuat ibu tidak leluasa untuk menyusui bayinya. Lainnya tidak setuju menyusui karena faktor gaya hidup, dan banyaknya orang yang masih beranggapan bahwa menyusui bayi membuat payudara menjadi kendur dan tidak indah.

Namun pendapat tersebut tidak benar, kaerna payudara yang kendur disebabkan karena faktor membesarnya payudara selama masa kehamilan. Seorang peneliti epidemiologist mengatakan, sebagian besar bayi mendapatkan ASI hanya dalam bulan-bulan pertamannya saja. Namun ketika bayi telah berumur dua atau tiga bulan, pemberian ASI dihentikan karena ibu sudah harus kembali bekerja. Perlu diketahui, bahwa ASI adalah makanan paling bernutrisi bagi bayi, karena ASI mengandung enzim dan antibody. Para ahli telah mencoba membuat ASI namun tidak mampu mengkopi seluruh nutrisi yang terkandung di dalamnya. Para ibu juga mendapat keuntungan dengan menyusui bayinya.

MENARIK:  Cara Agar Cepat Melahirkan

Bayi dapat terlindung dari penyakit diare dan infeksi (seperti infeksi telinga dan saluran pernapasan). Dan dari sebuah penelitian baru menunjukan ASI tidak menyebabkan obesitas di kemudian hari dan jauh dari resiko terkenanya diabetes. Selain itu, dengan memberikan ASI, terjalin suatu ikatan khusus antara ibu dan bayi. Ikatan ini sangat penting bagi emosional dan perkembangan intelektual bayi. Pemberian ASI juga dikaitkan dengan menurunkan resiko berkembangnya kanker payudara sebelum menopuse, dan wanita menyusui akan kembali ke berat badan sebelum hamil lebih cepat.