Loading...

Pengaruh Gizi Buruk Selama Kehamilan

Pengaruh Gizi Buruk Selama KehamilanPengaruh gizi buruk selama kehamilan tentu saja tidak hanya mempengaruhi kondisi ibu hamil selama kehamilan, saat persalinan ataupun pasca persalinan tetapi juga sangat mempengaruhi kondisi janin dalam kandungan.

Tapi hal yang paling mengkhawatirkan dari kekurangan gizi selama kehamilan seperti masalah dalam persalinan, kelahiran prematur dan menyebabkan bayi dengan berat badan lahir rendah. Bayi yang lahir dari ibu yang kekurangan gizi rentan terhadap infeksi, pertumbuhan terhambat dan gangguan kognitif.

Setiap dari kita tentu membutuhkan sejumlah nutrisi yang seimbang untuk berfungsinya sistem tubuh. Dan kebutuhan nutrisi tiap orang juga berbeda sehubungan dengan usia dan jenis kelamin.

Loading...

Dan pada wanitahamil tentulah sangat membutuhkan nutrisi yang optimal untuk mendukung perkembangan janin. Dan mungkin dalam pikiran kita adalah mengkonsumsi sebanyak-banyaknya makanan agar tidak mengalami yang namanya gizi buruk. Pada hal pada ibu hamil juga perlu memilih makanan yang berkualitas dan bervariasi agar tidak terjadi yang namanya malnutrisi selama kehamilan.

Malnutrisi dan Kehamilan

Malnutrisi didefinisikan sebagai kurang terpenuhinya nutrisi yang penting untuk menjalankan fungsi normal tubuh.

Seiring waktu, hal itu mempengaruhi organ-organ tubuh dan menghasilkan masalah medis yang ringan hingga parah.

Salah satu fakta gizi buruk yang paling banyak dialami oleh negara-negara berkembang, utamanya bagi mereka yang sedang hamil, wanita menyusui dan anak-anak di bawah 3 tahun lebih rentan terhadap efek gizi buruk.

Efek gizi buruk pada ibu hamil

Jika seorang wanita hamil yang kekurangan gizi maka dapat berimbas pada bayi dalam rahim ibu yang tidak menerima cukup nutrisi.

Dengan kata lain, nutrisi dan mineral penting untuk tumbuh kembang bayi tidak disediakan dalam jumlah yang cukup. Dan sebagai akibatnya, bayi akan menunjukkan tingkat pertumbuhan yang buruk dan berat badan yang rendah.

Efek yang tak kalah mengkhawatirkan lagi pada janin atau bayi adalah gangguan kognitif dan IQ serta lemahnya sistem kekebalan tubuh yang akan terbawa hingga dewasa nantinya.

Nah, dalam rangka untuk meminimalkan efek ini, seorang wanita yang berencana untuk hamil harus meningkatkan kebiasaan mengkonsumsi makanan yang sehat serta perubahan pola makan. Berkonsultasi dengan ahli gizi adalah pendekatan praktis untuk memahami kebutuhan nutrisi untuk kesehatan yang optimal dari ibu dan bayi.

Pengaruh Gizi Buruk Selama Kehamilan | DuniaKebidanan.com | 4.5