Loading...

Manfaat ASI Eksklusif Pada Ibu dan Bayi

Manfaat ASI Eksklusif  Pada Ibu dan BayiManfaat ASI eksklusif pada ibu dan bayi sudah tidak diragukan lagi, makanya memberikan ASI eksklusif (Pemberian ASI tanpa makanan lainnya selama enam bulan pertama) ini sangat dianjurkan oleh ahli kesehatan dan juga merupakan anjuran agama.

Dan untuk mngetahui lebih jelasnya apa manfaat pemberian ASI eksklusif pada kesehatan ibu dan bayi, berikut adalah penjelasannya.

Manfaat ASI Eksklusif pada Kesehatan Bayi

Loading...

Dengan memberikan nutrisi melalui puting susu kita maka hal ini sangat membantu bayi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka dalam rangka untuk memberikan perlindungan tubuh bayi dari sejumlah kemungkinan infeksi dan penyakit.

Dan hal ini merupakan alasan mengapa pada bayi yang diberi ASI cenderung lebih sehat daripada mereka yang diberi susu formula.

Alasan lain menyusui bayi lewat puting ibunya yang tak kalah pentingnya adalah untuk meningkatkan ikatan antara ibu dan bayi, baik secara fisik maupun emosional.

Maka tidak mengherankan pula mengapa sangat banyak anak yang setelah mereka besar bertabiat dan berakhlak yang tidak terpuji pada kedua orang tuanya.

Seperti yang telah disinggung diatas bahwa pemberian ASI eksklusif pada Sibayi diawal kehidupan mereka sangat bermanfaat bagi kesehatan sepanjang pertumbuhan hingga dewasa mereka.

Dalam tetesan ASI ini mengandung segudang antibodi yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga meminimalkan kemungkinan bayi kita menderita infeksi.

Dan pada bayi yang tidak mendapatkan ASI Eksklusif lebih rentan mengalami infeksi pada telinga, menderita eksim, gangguan pencernaan semisal diare, konstipasi dll.

Pada bayi yang menkonsumsi ASI jauh lebih aman terkena resiko obesitas atau penyakit diabetes dikemudian hari jika dibandingkan dengan bayi yang mengkonsumsi susu formula.

Dan hal yang tak kalah pentingnya adalah bahwa anak yang menerima asupan ASI eksklusif cenderung lebih cerdas dibanding mereka yang hanya menerima susu formula dimasa bayi mereka.

Manfaat ASI Eksklusif pada Kesehatan Ibu

Mungkin banyak ibu yang berpikir bahwa menyusui bayi kita hanya semata-mata bermanfaat untuk kesehatan bayi kita, pada hal dengan menyusui bayi akan memberikan benyak manfaat bagi ibu bayi sendiri.

Dengan menyusui bayi akan menurunkan resiko terkena kanker payudara dan kanker ovarium. Selain itu, ibu yang menyusui bayinya cenderung memiliki hubungan atau ikatan lahiriah maupun batiniah pada bayinya hingga sepanjang hidup mereka.

Manfaat lainnya adalah terkait masalah kesehatan rahim ibu, kondisi tubuh ibu pasca persalinan dan sebagainya.
Tapi yang pastinya Menyusui bayi kita dengan ASI eksklusif jauh lebih menguntungkan dari pada memberikan susu formula.

Susu formula bayi tidak sama dengan ASI eksklusif meskipun keduanya mungkin memiliki nilai gizi yang sama. Dan susu formula tidak mengandung antibodi yang membantu melindungi bayi dari infeksi selama beberapa minggu atau beberapa bulan diawal kehidupan bayi.

Manfaat ASI Eksklusif Pada Ibu dan Bayi | DuniaKebidanan.com | 4.5