Ada 3 Kelompok Terpisah yang Terdapat Dalam ASI

Loading...

ASI (Air Susu Ibu) diproduksi secara alami oleh ibu dan sebagai nutrisi dasar terlengkap untuk bayi selama beberapa bulan pertama hidup sang bayi. ASI dibedakan menjadi 3 kelompok dan tahap secara terpisah yaitu colostrum, transitional milk (ASI peralihan) dan matur milk (ASI matur).

Colostrum

Colostrum adalah cairan tahap pertama ASI yang dihasilkan selama masa kehamilan dan berakhir beberapa hari setelah kelahiran bayi (2-4 hari). Berwarna kuning keemasan atau krem (creamy). Lebih kental dibandingkan dengan cairan susu tahap berikutnya. Colostrum mempunyai kandungan yang tinggi protein, vitamin yang terlarut dalam lemak, mineral-mineral dan imunoglobulin. Imunoglobulin ini merupakan antibodi dari ibu untuk bayi yang juga berfungsi sebagai imunitas pasif untuk bayi. Imunitas pasif akan melindungi bayi dari berbagai bakteri dan virus yang merugikan. Kolostrum juga merupakan pembersih usus bayi yang membersihkan mikonium sehingga mukosa usus bayi yang baru lahir segera bersih dan siap menerima ASI. Hal ini menyebabkan bayi sering defekasi dan feces berwarna hitam.

Transitional milk

MENARIK:  Suplemen Untuk Ibu Hamil

Transitional milk/ASI peralihan dihasilkan setelah kolostrum dan berakhir sekitar 2 minggu kemudian. Kandungan ASI peralihan ini termasuk tinggi lemak, laktosa, vitamin terlarut dalam air dan mengandung lebih banyak kalori daripada kolostrum.

Mature milk

Mature milk/ ASI matur adalah cairan terakhir yang diproduksi. 90 % adalah air yang diperlukan untuk memelihara hidrasi bayi. Sedangkan 10 % kandungannya adalah karbohidrat,protein dan lemak yang diperlukan untuk kebutuhan hidup dan perkembangan bayi. ASI matur merupakan nutrisi bayi yang terus berubah disesuaikan dengan perkembangan bayi sampai 6 bulan.

Ada 2 tipe mature milk/ASI matur:

1. Foremilk: Jenis ini dihasilkan selama awal menyusui dan mengandung air, vitamin-vitamin dan protein.

2. Hind-milk: Jenis ini dihasilkan setelah pemberian awal saat menyusui dan mengandung lemak tingkat tinggi dan sangat diperlukan untuk pertambahan berat bayi.

Kedua jenis tersebut di atas adalah sangat dibutuhkan ketika ibu menyusui yang akan menjamin nutrisi bayi secara adekuat yang di perlukan sesuai tumbuh kembang bayi.