Loading...

Makanan dan Minuman yang Aman Selama Menyusui

Makanan dan Minuman yang Aman Selama MenyusuiSaat menyusui ibu hamil memang memerlukan sejumlah nutrisi untuk meningkatkan kualitas ASI namun demikian seorang ibu yang masih menyusui juga harus berhati-hati dalam memilih makanan yang mereka konsumsi.

Tidak semua jenis makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi oleh ibu menyususi meskipun itu mengandung segudang nutrisi.

Hal tersebut tentu saja dikaitkan dengan efek negatifnya pada kesehatan bayi sendiri, dimana pencernaan mereka tidak semuanya bisa mentolerir makanan yang kita konsumsi tersebut.

Loading...

Oleh karena itu, bagi ibu yang masih bingung dalam memilih jenis makanan dan minuman yang aman untuk bayi mereka, berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang harus mereka hindari.

Jenis makanan dan minuman yang harus dihindari selama menyusui

Beberapa jenis makanan seperti makanan pedas atau mengandung gas cenderung mengubah rasa susu. Olenya itu, cobalah untuk menghindari makanan tersebut, karena dapat membuat bayi menjadi rewel.

Dan pada umumnya seorang dokter menyarankan agar ibu menyusui melanjutkan asupan makanan yang sama seperti saat mereka menjalani kehamilan mereka seperti sayuran (Kubis, Bawang, Bawang putih, Brokoli, Kacang, Lobak, Merica, Ketimun), Buah-buahan (Jeruk, pisang, Melon, Anggur) dan lain sebagainya.

Daftar jenis makanan ibu yang menyusui juga sebaiknya bervariasi untuk membantu memperkenalkan rasa yang berbeda untuk bayi mereka. Dan cara ini merupakan cara alami untuk membiasakan bayi dalam mengkonsumsi jenis makanan yang kelak mereka makan.

Sementara beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari selama menyusui seperti minum alkohol, kafein, makanan yang pedas-pedas, minuman berkarbonasi dan beberapa jenis makanan lainnya yang jika ditemukan akan memberikan reaksi negatif pada bayi harus dihindari.

Makanan dan Minuman yang Aman Selama Menyusui | DuniaKebidanan.com | 4.5