Loading...

Berapakah Ukuran Normal Uterus ?

Ukuran Normal UterusUkuran normal uterus cukup bervariasi tergantung pada usia wanita. Evaluasi dan pemeriksaan ukuran uterus ini berpean penting untuk mengetahui kondisi atau masalah ginekologi seorang wanita.

Ukuran rahim juga bertindak sebagai indikator besar kesehatan perempuan. Dikatakan bahwa pengetahuan tentang ukuran rahim membantu untuk memprediksi kemungkinan terjadinya dan pengembangan tingkat kondisi seperti mioma.

Nah, uterus atau rahim ini merupakan salah satu organ yang paling penting yang merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita. Uterus adalah bagian utama dari sistem reproduksi wanita yang merupakan tempat implantasi dan pertumbuhan ovum yang telah dibuahi oleh sperma yang kemudian tumbuh dan berkembang hingga persalinan.

Loading...

Bagaimana ukuran rahim yang normal itu?

Ada tiga dimensi dari rahim yang biasanya dinilai untuk membantu menentukan ukuran rahim. Ini termasuk panjang rahim, yang di ukur dari fundus (titik tertinggi dari pusat rahim) sampai pembukaan eksternal.

Ukuran Normal Uterus

Panjangnya juga dapat dihitung dari bagian antero-posterior, dengan panjang maksimum bagian midsagittal. Lebar rahim diukur dengan memperkirakan pembacaan maksimum diperoleh pada penampang fundus.

Ukuran perubahan rahim tergantung pada usia dan kondisi hormonal wanita. Sebelum gadis itu mencapai pubertas, ukuran normalnya memanjang sekitar 35mm dan diameter anteroposterior sekitar 10mm.

Ketika gadis itu mencapai pubertas, kemudian karena lonjakan sekresi hormonal dan dimensinya juga turut meningkat.

Ukuran normal uterus saat wanita mencapai pubertas sekitar 8cm x 6cm x 4cm. Semenara itu, volume rahim cukup bervariasi dan berfluktuasi antara 75cc dan 200cc. Berat rahim sekitar 100 sampai 200 gram dan pada rata-rata, bisa dikatakan seukuran kepalan tangan wanita.

Ukuran uterus yang abnormal

Ukuran rahim dapat terpengaruh dan mungkin menjadi jauh lebih rendah jika ada penebalan dinding rahim. Dalam hal ini, berdasarkan yang lebih rendah, itu berarti bahwa volume uterus menurun, sebagai ukuran lumen menurun karena pertumbuhan pada dinding otot.

Ukuran rahim juga berkurang bila ada prolaps uterus atau rahim turun. Di sisi lain, mungkin ada kondisi di mana ukuran rahim yang lebih dari biasanya, karena adanya dua rahim, yang juga dikenal sebagai rahim ganda.

Rahim mampu memperbesar berkali-kali ukuran aslinya selama kehamilan. Pembesaran rahim kemungkinan juga disebabkan karena gela fibroid atau kista, terutama jika diamati pada wanita menopause, dimana seharusnya rahim menyusut dalam ukuran karena berhentinya sekresi hormonal.

Ada banyak gejala uterus yang membesar yang dapat membantu dalam mengidentifikasi kondisi ini lebih awal sehingga dapat didiagnosis dan diobati sesegera mungkin.

Berapakah Ukuran Normal Uterus ? | DuniaKebidanan.com | 4.5