Mempercepat Proses Persalinan dengan Stimulasi Puting

Loading...

Mempercepat Proses Persalinan dengan Stimulasi PutingCara mempercepat proses persalinan merupakan teknik yang biasa disebut dengan induksi persalinan. Cara induksi ini ditempuh tentu harus dengan beberapa pertimbangan dan sebaiknya atas sepengetahuan dokter kandungan anda.

Cara mempercepat proses persalinan ini selain dengan menggunakan metode medis, juga bisa dilakukan dengan metode induksi alami.

Cara mempercepat proses persalinan dengan induksi alami ini termasuk menstimulasi puting yang dilakukan dengan menggunakan kedua jari tangan dengan gerakan melingkar.

Cara menstimulasi puting ini bisa dengan menggunakan telapak tangan dimana menempatkan puting tepat pada bagian telapak tangan sambil digosok secara lembut dengan gerakan berputar.

Waktu yang diperlukan dalam menstimulasi puting cukup 15 menit saja setiap puting secara bergantian selama satu jam setiap setnya. Cukup dilakukan 3 set dalam setiap harinya.

Tujuan menstimulasi puting yaitu untuk merangsang payudara untuk melepaskan hormon oksitoksin sehingga menyebabkan suatu kontraksi yang bisa mempercepat proses persalinan.

Yang harus diperhatikan jika ingin menstimulasi puting ini yaitu hanya dilakukan pada ibu hamil yang hendak melakukan persalinan normal tanpa menderita komplikasi penyakit lain, termasuk diabetes.

MENARIK:  Menyusui Pasca Melahirkan dengan Operasi Cesar

Jangan pula melakukan teknik stimulasi puting ini pada kedua belah puting tetapi harus dilakukan secara bergantian dan ibu hamil dalam kondisi tidak berkontraksi.

Namun perlu diingat, stimulasi punting ini hanya bisa diterapkan pada kondisi persalinan normal, sebaliknya, jika ibu mengalami kehamilan beresiko seperti mengalami diabetes, memiliki tekanan darah tinggi, preeklampsia dan lainnya, teknik stimulasi puting ini jangan dilakukan.