Si Kecil Sangat Rentan Mengalami Masalah Gigi

Si Kecil Sangat Rentan Mengalami Masalah GigiDengan mengkonsumsi makanan sembarangan biasanya mengakibatkan si kecil sangat rentan terhadap kerusakan gigi. Contohnya si kecil biasanya terlalu keseringan dalam mengkonsumsi makanan-makanan yang manis dan bahkan susu yang sering ditambah gula juga tidak baik terhadap kesehatan gigi anak.

Dan hal tersebut justru membuat anak-anak menyenangi yang seperti itu tanpa memikirkan dampak jangka panjang yang dibawanya.

Read More

Dari penjelasan MeetDoctor.com telah mengatakan bahwa, makanan maupun minuman yang manis yang telah dikonsumsi oleh si kecil akan tertinggal di gigi kalau tidak langsung dibersihkan setelah mengonsumsinya. Nah, dari sisa mamakanan yang tersisa pada gigi si kecil tersebut akan sangat di sukai oleh bakteri.

Kemudian bakteri-bakteri yang melekat pada gigi tersebut akan mencerna sisa makanan dan menghasilkan asam yang akan menyerang gigi dan mengakibatkan karies.

Selain itu, karies biasanya terjadi pada gigi belakang si kecil. Tapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan, biasanya juga terjadi pada bagian-bagiahn gigi yang lainnya.

MENARIK:  Fakta Seputar Batuk Pilek Ringan & Hidung Meler Pada Anak

Karies tersebut juga harus dicabut dan resikonya si kecil akan susah untuk makan. Anda juga tidak ingin kan si kecil menderita karena karies? Nah, untuk itu sebagai orangtua, Anda harus melakukan upaya pencegahan sebagai berikut:

1. Cucilah atau usap gigi si kecil dengan menggunakan kain kasa atau kain lap bersih setiap habis makan.
2. Sebaiknya menyikat gigi anak tanpa pasta gigi (jika anak berusia dibawah usia 1 tahun).
3. Bersihkan sela gigi dengan dental floss.
4. Jangan mengisi botol bayi dengan minuman manis, misalnya jus atau teh terlalu sering
5. Kurangi asupan gula dalam bentuk apapun kepada anak, terutama saat malam hari
6. Mulailah ajarkan anak minum dengan menggunakan gelas sedini mungkin
7. Mulailah jadwalkan kunjungan anak ke dokter gigi secara teratur mulai usia satu tahun
8. Jangan biarkan si kecil tidur dengan botol susu masih menempel pada mulutnya
9. Hindari penggunaan botol dot dalam jangka panjang

Pada umumnya, memang si kecil sangat menyukai makanan yang manis, apalagi susu. Jadi untuk para ibu, Anda harus ingat bahwa ASI jauh lebih baik dibandingakan jika Anda harus memberikan susu.

MENARIK:  4 Cara Aman Naik Pesawat Bersama Bayi

ASI merupakan salah satu asupan makanan yang cukup sehat untuk gigi bayi, sebab ASI bisa memperlambat munculnya bakteri dan produksi asam. Tapi, saat ASI diselingi dengan makanan atau minuman manis tingkat kerusakan gigi akan lebih cepat.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pap pepek,keluar di mulut,alat coli,sd mulus,cara membuat vagina buatan,pepek anak kecil,nyusuin suami,pepek anak smp,cara bikin vagina palsu,cara membuat vagina palsu