6 Masalah Gigi & Mulut pada Ibu Hamil

Loading...

6 Masalah Gigi & Mulut pada Ibu HamilSaat masa kehamilan calon ibu sangat merasakan berbagai perubahan yang dialami pada tubuhnya. Hal ini tersebut juga biasa terjadi didalam rongga mulut.

Perubahan hormon yang dialami oleh ibu hamil ternyata telah diikuti oleh perubahan dan kelainan yang terjadi disekitar rongga mulut, masalah tersebut antara lain:

1. Radang Gusi

Kebiasaan-kebiasaan yang sering ditemukan pada ibu hamil dalam rongga mulut yang menyangkut tentang kehamilan adalah keradangan gusi. Untuk mengetahui hal tersebut, ciri-cirinya seperti gusi berwarna Fiery red, bengkak dengan permukaan lembut serta mengkilap. selain itu, gusi yang meradang biasanya sangat mudah berdarah.

2. Gigi Goyang

Biasanya sering terdapat gigi goyang pada ibu hamil, itu disebabkan karena biasanya ditimbulkan oleh akibat terjadinya radang gusi.

3. Mulut Kering (Xerostomia)

Kebanyakan keluhan yang dialami oleh para ibu hamil adalah mereka merasakan mulut yang terasa kering, dan hal ini bisa di hubungkan dengan terjadinya perubahan hormon. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memperbanyak konsumsi air putih dan biasakan sering mengunyah permen karet untuk merangsang keluarnya air liur.

MENARIK:  Merawat Gigi dan Gusi Saat Hamil

4. Sialorrhea atau Ptyalism

Dengan menghasilkan air liur secara berlebihan sangat jarang ditemukan pada wanita hamil. Hal tersebut baru terlihat biasanya pada minggu kedua atau ketiga kemudian berakhir pada akhir trimester pertama. Kondisi ini bukan merupakan sesuatu yang serius.

5. Tumor Kehamilan

Yang dimaksud dengan tumor disini adalah bukan berarti kanker dan ini merupakan suatu reaksi yang secara berlebihan terhadap infeksi lokal seperti plak dan sisa makanan. Tempat terjadinya tumor ini biasanya terjadi pada gusi yang letaknya diantara gigi dan pada gusi yang sering terkena iritasi lokal. Pada umunya tumor kehamilan ini muncul pada trimester kedua dan biasanya akan hilang setelah Anda melahirkan.

6. Erosi pada Gigi

Kebanyakan telah diketahui ibu hamil sering mengalami muntah terutama pada pagi hari, sebab asam yang terkandung dalam muntahan itu dapat mengalami kerusakan pada lapisan terluar dari gigi. Kerusakan atau erosi gigi ini dapat dicegah dengan melakukan cara berkumur setelah muntah agar dapat menetralisir.