Kehamilan Yang Perlu Dihindari

Loading...

Kehamilan Yang Perlu DihindariPada calon ibu ada beberapa jenis kehamilan yang perlu Anda dihindari, sebab keadaan tersebut bisa saja akan mengakibatkan suatu masalah.

Bila hal seperti itu sudah terjadi pada Anda maka Anda harus segera memeriksakan kehamilannya lebih sering dan segera meminta pertolongan persalinan kepada dokter/bidan. Hal tersebut harus Anda perlu mengetahui tanda-tanda bahaya pada kehamilan, persalinan dan nifas.

Inilah kehamilan yang harus diwaspadai adalah jika :

Umur Ibu Hamil Kurang Dari 20 Tahun

Jika saja mengalami kehamilan yang dibawah umur 20 tahun, biasanya rahim dan panggul pada umumnya belum tumbuh untuk menyamai ukuran dewasa. Dan hasilnya ibu yang mengalami kehamilan pada usia tersebut mungkin akan mendapatkan persalinan yang lama/macet atau gangguan lainnya sebab ketidaksiapan seorang ibu untuk mendapatkan tugas serta tanggung jawabnya sebagai orang tua.

Umur Ibu Hamil Lebih dari 35 Tahun

Jika Anda telah memasuki umur 35 tahun atau lebih kesehatan Anda sudah mulai menurun, biasanya ibu hamil pada usia tersebut kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan anak cacat, yang merupakan munculnya persalinan lama dan perdarahan.

MENARIK:  Cara Meredamkan Sakit Tanpa Mengosumsi Obat

Jumlah Anak 4 Orang atau Lebih

Jika saja kehamilan rahim Anda meregang oleh adanya janin, jika terlalu sering melahirkan rahim akan terlihat semakin lemah. Bila Anda telah melahirkan sebanyak 4 anak atau lebih makan harus diwaspadai timbulnya masalah pada waktu kehamilan, persalinan dan nifas. Biasanya pada masalah ini yang biasa terjadi adalah masalah pendarahan.

Jarak Kelahiran Kurang dari 2 Tahun

Jika jarak kelahiran dengan anak sebelumnya kurang dari 2 tahun, maka rahim dan kesehatan Anda belum pulih seutuhnya dengan baik. Kehamilan dalam keadaan seperti ini sangat harus diperhatikan sebab besar kemungkinan ada timbul pertumbuhan janin kurang baik, serta mendapatkan persalinan yang lama atau perdarahan.

Ibu dengan Tinggi Badan Kurang dari 145 cm

Jika saja tinggi badan Anda kurang dari 145 cm perlu Anda waspadai sebab Anda kemungkinan telah memiliki panggul sempit, sehingga sangat sulit untuk melahirkan. Walaupun tidak selalu demikian tapi Anda seharusnya melakukan persalainannya dengan menggunakan pertolongan bidan atau dokter.

Ibu dengan Lingkar Lengan Atas Kurang dari 23,5 cm

Kalau saja Anda mempunyai lingkar lengan atasnya kurang dari 23,5 cm hal tersebut perlu diwaspadai sebab kemungkinan Anda telah menderita kekurangan energi kronis (KEK) atau kekurangan gizi yang lama. Jika mengalami kehamilan Anda bisa saja akan melahirkan bayi berat lahir rendah (BBLR). Karena pertumbuhan dan perkembangan janin mungkin terhambat, sehingga mempengaruhi kecerdasan anak nantinya.