Resiko dan Komplikasinya Jika Hamil Diatas 30 Tahun

Loading...

Resiko dan Komplikasinya Jika Hamil Diatas 30 TahunBagi mereka yang hamil setelah usia diatas tiga puluhan tahun bukanlah tugas yang mudah dan sangat beresiko tinggi.

Kemungkinan terjadinya komplikasi kehamilan dan kelainan janin juga meningkat seiring dengan peningkatan usia ibu khususnya yang hamil diatas usia 30 an tahun tersebut.

Probabilitas janin memiliki cacat genetik meningkat pada akhir kehamilan ini, misalnya menyebabkan kondisi sindrom Downs dan resiko keguguran cukup meningkat.

Selian itu, ada beberapa masalah kesehatan juga muncul dengan kehamilan diusia tua ini, termasuk peningkatan kondisi medis lainnya seperti diabetes, tekanan darah tinggi, masalah jantung dan ginjal. Sementara diabetes gestasional yang mungkin muncul, dapat menimbulkan masalah serius bagi kehamilan dan saat persalinan.

Bahkan pada banyak kasus, tekanan darah tinggi dapat memperlambat pertumbuhan janin dan peningkatan kematian janin setelah 20 minggu kehamilan.

Kemungkinan masalah lainnya yang bisa dialami oleh ibu yang hamil di usia kepala 30 an tahun ini seperti permasalahan pada letak plasenta yang abnormal (misalnya plasenta previa) dan memberikan peluang mengembangkan fibroid rahim yang semakin merumitkan kehamilan.

MENARIK:  Tips Mengembalikan Energi Saat Ibu Kekurangan Waktu Tidur Agar Tetap Fit Mengasuh Bayi

Perempuan di atas 35 biasanya akan mengalami persalinan yang berkepanjangan dan dapat mengalami banyak kesulitan dalam persalinan. Dan setelah melahirkan, ibu akan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam memulihkan diri bila dibandingkan dengan wanita hamil diusia yang lebih muda.

Untuk wanita yang berencana untuk hamil setelah usia 35 tahun, itu sangat penting untuk mengetahui resiko yang mereka harus hadapi.

Untuk seorang wanita berusia pertengahan tiga puluhan hamil mungkin menjadi tugas yang sulit. Tapi itu tidak berarti satu kemustahilan untuk bisa hamil dan menjalani persalinan normal. Hal ini juga tergantung dari kondisi ibu, bentuk perawatan medis yang tepat dan gaya hidup sehat.