Penyebab Hiperplasia Endometrium

Penyebab Hiperplasia EndometriumHiperplasia endometrium atau penebalan dinding rahim banyak mempengaruhi perempuan dalam kelompok usia yang berbeda.

Hal tersebut diatas disebabkan karena pengaruh ketidakseimbangan hormon wanita. Dengan kata lain bahwa penebalan abnormal dari dinding rahim terjadi karena peningkatan produksi estrogen dalam tubuh bersamaan dengan kurangnya produksi progesteron.

Read More

Meskipun sebagian besar kasus hiperplasia endometrium jinak, risiko karsinoma endometrium dapat meningkat jika sel-sel kelenjar pembentuk endometrium hiperplasia mengalami perubahan tertentu seiring perjalanan waktu.

Namun dalam kesempatan ini kita hanya akan membahas masalah penyebab dan gejala Hiperplasia endometrium yang dapat kita lihat dibawah ini.

Penyebab Hiperplasia endometrium

Estrogen bertanggung jawab untuk penebalan lapisan rahim sehingga perawatan dan pengendalian penebalan lapisan rahim dilakukan dengan mengontrol progesteron agar tetap seimbang. Pertumbuhan berlebih dari lapisan rahim terjadi ketika terlalu banyak produksi estrogen dan sedikit produksi progesteron.

Ada berbagai penyebab peningkatan estrogen dan penurunan progesteron dalam tubuh dan berapa diantaranya adalah:

MENARIK:  Komponen Makanan yang Dibutuhkan Anak Dalam Tumbuh Kembang

• Diabetes
• Terapi hormon estrogen tanpa pemberian progesteron
• Kehilangan siklus haid
• Sindrom ovarium polikistik
• Obesitas

Gejala Hiperplasia endometrium

Gejala-gejala termasuk perubahan selama siklus menstruasi dan gejala lainnya termasuk keputihan, pendarahan antara siklus menstruasi, periode menstruasi yang berat dan berkepanjangan, nyeri di perut vagina dan panggul, kondisi vagina sangat kering, peningkatan pertumbuhan rambut tubuh, Hot flushes, sakit saat berintim, denyut jantung lebih cepat, dll.

Tidak semua wanita mengalami masalah penebalan lapisan dinding rahim mereka namun hanya mereka yang berada pada resiko tertinggi untuk kasus ini. Dan beberaa diantaranya adalah:

• Wanita yang telah mengalami menopause
• Perempuan yang tidak berovulasi atau memiliki ovulasi tidak teratur
• Wanita obesitas atau kelebihan berat badan
• Penderita diabetes
• Wanita dengan sindrom ovarium polikistik

Demikianlah penyebab penebalan dinding rahim diatas dan bagaimana gejalanya. Untuk pengobatan Hiperplasia endometrium akan dibahas pada kesempatan berikutnya.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

cara membuat vagina buatan,sd mulus,pepek anak kecil,alat coli,nyusuin suami,pepek anak smp,cara bikin vagina palsu,cara membuat vagina palsu,Vagina palsu,pepek anak sd