Mengatasi Perut Buncit pada Anak

Loading...

Mengatasi Perut Buncit pada Anak
Mengatasi Perut Buncit pada Anak

Padahal masalah perut buncit lebih banyak di alami orang dewasa, tapi anak-anak kecil juga banyak yang mengalaminya. Kondisi ini sebaiknya tidak diabaikan dan harus diatasi.

Masalah perut buncit pada anak-anak telah meningkat hingga 65 persen dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini bukanlah pertanda baik karena bisa menjadi faktor risiko dari sejumlah penyakit.

Lemak yang ada di perut sering dianggap sebagai prediktor dari penyakit jantung serta risiko diabetes. Dan anak-anak yang memiliki perut buncit jika dibiarkan saja akan meningkatkan risiko menjadi obesitas.

Umumnya anak-anak zaman sekarang mengonsumsi makanan junk food yang diketahui tinggi lemak dan penyebab masalah, serta konsumsi makanan yang tidak bernutrisi.

Kondisi ini bertanggung jawab terhadap akumulasi lemak di tubuh. Seringkali orangtua tidak memiliki waktu untuk menyediakan makanan segar sehingga memberikan makanan olahan.

Semua makanan yang kaya akan kalori ini diubah menjadi lemak dan disimpan di bagian tubuh berbeda, yang kebanyakan terjadi di sekitar perut. Saat ini anak-anak lebih sering menghabiskan waktu di depan televisi atau komputer dan jarang melakukan aktivitas fisik, sehingga lemak yang tertumpuk di perut tidak dibuang dan akan terus terakumulasi.

MENARIK:  Komponen Makanan yang Dibutuhkan Anak Dalam Tumbuh Kembang

Kini mengukur pinggang anak-anak menjadi hal penting, terutama pada anak yang memiliki rasio pinggang dan tinggi badan di persentil 90 atau lebih sebagai indikator obesitas perut.