Keuntungan Memilih Dokter Ahli Kebidanan dan Kandungan

Loading...

Dokter yang spesialis dalam bidang kebidanan dan kandungan biasanya disebut dokter obsgin (obstetri- ginekologi). Selain menyediakan pelayanan kunjungan prenatal dan persalinan, mereka juga ahli dalam perawatan wanita secara umum, pemantauan pencegahan dan perawatan terhadap kondisi yang melibatkan organ reproduksi wanita, payudara, dan fungsi intimual. Karena perhatian mereka terhadap kesehatan wanita, dokter obsgin berperan sebagai penyedia jasa pelayanan kesehatan bagi banyak wanita. Mereka dilatih untuk menangani semua masa dalam kehamilan, sejak rencana kehamilan hingga masa pemulihan pasca melahirkan.

Dokter obsgin umumnya bekerja dalam sebuah praktek bersama yang melibatkan didalamnya para residen, perawat, bidan, asisten dokter, ahli gizi, dan pekerja sosial. Mereka dapat berpusat di rumah sakit atau klinik.

Keuntungan:

  • Dapat telah mengenal Anda dan mengetahui riwayat ginekologi (kandungan) Anda
  • Dapat merujuk Anda ke ahli feto-maternal jika Anda memiliki kehamilan dengan risiko yang sangat besar
  • Dapat melanjutkan perawatan Anda jika Anda memiliki masalah atau komplikasi yang berkembang saat kehamilan
  • Dapat melakukan episiotomi, persalinan cara forsep atau pun bedah Caesar
MENARIK:  Penatalaksanaan Pada Pasien Eklampsia

Namun ia dapat saja tidak berada di tempat saat tiba waktu Anda akan melahirkan.

Anda dapat memilih seorang dokter obsgin jika:

  • Anda memiliki kehamilan dengan risiko tinggi. Anda memiliki risiko tinggi jika berusia diatas 35 tahun atau Anda mengalami diabetes dalam kehamilan atau tekanan darah yang tinggi (preeklampsia) selama kehamilan.
  • Anda hamil ganda/kembar dua, tiga atau lebih
  • Anda memiliki masalah kesehatan sebelumnya seperti diabetes, tekanan darah tinggi atau kelainan autoimun (autoimun: kelainan di mana sistem kekebalan tubuh dapat menyerang jaringan tubuh sendiri)
  • Anda ingin meyakinkan jika suatu saat ada masalah yang timbul, seperti masalah yang membutuhkan intervensi medis atau persalinan melalui bedah Caesar, Anda tidak perlu dirujuk pada petugas kesehatan lain.