Cara Membiasakan Cemilan Sehat untuk Anak

Loading...

Kebanyakan anak yang hobi ngemil, ngemil apa saja yang penting enak. Ngemil makanan yang bergizi justru dapat membantu anak mengekang rasa lapar sepanjang hari, serta memberikan nutrisi dan energi yang penting. Dengan mengetahui beragam variasi cemilan sehat untuk anak-anak dapat membantu untuk memenuhi nutrisi harian anak tanpa membuat anak bosan dengan makanan yang monoton. Mengajarkan pada anak sedini untuk membuat pilihan camilan yang sehat akan membantu menetapkan kebiasaan diet sehat untuk seumur hidup.

Berikut ada beberapa cara untuk membiasakan camilan sehat untuk anak:

Mix and match
Sajikan wortel atau sayuran mentah lainnya dengan saus bebas lemak. Celupkan biskuit cracker atau buah segar dalam yoghurt bebas lemak. Oleskan selai kacang pada seledri, apel, atau pisang. Dengan mix and match makanan dapat membuat variasi berbagai jenis makanan, sehingga anak tidak cepat bosan dengan camilan sehat yang disediakan.

Jauhkan dari junk food
Makanan junk food tentunya tampak lebih menarik dibandingkan makanan sehat. Menjadi contoh dengan memilih camilan sehat, dapat merupakan cara yang baik untuk membiasakan anak menghindari junk food.

MENARIK:  Ciri Ciri Plasenta Lengket

Memilih makanan dari gandum
Makanan gandum, seperti gandum pretzel atau tortila, dan gandum sereal mengandung serat yang tinggi. Sehingga dapat menyediakan energi dengan kekuatan yang lebih lama.

Sajikan sarapan
Tinjau ulang menu sarapan yang selama ini telah disediakan sehari-hari, apakah menu tersebut termasuk menu sehat. Sajikan menu sarapan, seperti orak-arik telur dan roti gandum. Menu tersebut juga dapat menjadi camilan sehat bagi anak-anak di sore hari.

Memperluas menu
Menu yang disediakan harus semakin luas, menarik, dan semakin variatif, sehingga anak tidak cepat bosan dengan camilan yang disediakan.

Membebaskan anak untuk memilih menu camilan sehat
Tinggalkan buah segar dalam mangkuk di atas meja. Sereal gandum dan buah kalengan atau yang disajikan dalam bentuk jus.