Tindakan Orangtua Bila si Kecil Terjatuh

Pada saat si kecil jatuh ke lantai dan menangis keras, orangtua langsung mendekatinya. Tak lama kemudian, darah segar mulai mengucur. Moms bingung, panik, khawatir dan was-was, apa yang musti dilakukan bila si kecil terluka apalagi sampai berdarah? Bila si kecil terjatuh atau terantuk benda asing hingga menimbulkan luka, yang harus dilakukan oleh orangtua antara lain:

Ada beberapa tindakan orangtua yang harus dilakukan bila si kecil terjatuh atau terantuk benda hingga menimbulkan luka:

Pertama dan utama
Jangan panik! Bila bayi terjatuh hingga menimbulkan luka sebaiknya perhatikan terlebih dulu apakah jaringan mengalami kerusakan atau luka tersebut disertai perdarahan atau tidak?

Bila terjadi perdarahan
Segera bersihkan luka dari kotoran dengan air bersih. Bila ragu menggunakan air keran, dapat menggunakan air minum mineral yang banyak tersedia di rumah.

Tutup luka dengan kain kasa steril
Dengan telapak tangan lakukan penekanan pada kasa yang menutup luka tadi selama 5 menit terus menerus untuk menghentikan perdarahan.

Dalam melakukan penekanan
Jangan menggunakan kapas. Serat-serat kapas akan tertinggal di permukaan luka dan merupakan benda asing yang menghambat proses penyembuhan luka.

MENARIK:  Askeb Bayi Kembar

Tidak benar bahwa luka tidak diperbolehkan terkena air
Jika kain balutan basah -misalnya karena tersiram air saat mandi- segera ganti dengan yang baru.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pap pepek,alat coli,Cara membuat Vagina dengan barang2 di sekitar,sd mulus,cara membuat vagina buatan,pepek anak kecil,nyusuin suami,pepek anak smp,cara bikin vagina palsu,cara membuat vagina palsu