Tetap Cantik dan Sehat Selama Kehamilan

Loading...

Tetap Cantik dan Sehat Selama KehamilanPerubahan tubuh selama hamil tak bisa dihindari. Ada banyak cara agar tetap cantik, bugar, dan sehat tanpa perlu meninggalkan aktivitas sehari-hari. Kehamilan merupakan hal yang istimewa dalam kehidupan seorang wanita. Pada masa kehamilan, seorang calon ibu akan mengalami hal yang menyenangkan dan tak menyenangkan. Dari rasa bangga akan menjadi wanita sempurna dengan memperoleh anak sampai merasa mual dan muntah di awal kehamilan.

“Dengan badan besar, berbagai keluhan akan dirasakan oleh wanita hamil. Karena rahim membesar, saluran pencernaan dan usus-usus akan terdorong sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman,” tutur dr. Agustinus Gatot, SpOG, dari RS Mitra Keluarga. Kondisi ibu hamil memang tak selalu sama. Ada yang bisa menikmatinya dengan tetap ceria. Ada juga yang mengeluh merasa keletihan sepanjang hamil. Hampir seluruh wanita hamil, kira-kira tiga perempatnya, mengalami mual-mual di pagi hari. Ini biasa terjadi sepanjang trimester pertama. Kira-kira 10 persennya mengalami gangguan hebat sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Mual-mual sebetulnya hal lumrah. Jadi, tak perlu terlalu memusingkan hal itu. Bahkan ada yang mengalaminya sepanjang kehamilan. Kendati demikian, sepanjang dokter tak menyarankan untuk istirahat total, Anda masih tetap bisa beraktivitas.