Cara Mengurangi Rasa Nyeri Kontraksi

Loading...

Cara Mengurangi Rasa Nyeri Kontraksi
Cara Mengurangi Rasa Nyeri Kontraksi

DUNIAKEBIDANAN.COM – Kontraksi adalah satu hal yang akan dialami oleh ibu hamil saat menjalani persalinan. Ada sebagian ibu hamil sering kali mengalami kontraksi palsu (Braxton Hicks). Ibu hamil akan merasakan bagian perutnya mengencang dan mengendur.

Rasanya kontraksi yang dirasakan sama halnya saat menstruasi. Namun, jika kontraksi ini terjadi ketika Anda sedang menjalani proses persalinan, maka intensitas dan frekuensinya akan lebih kuat dan lama dari biasanya. Selain itu, kontraksi ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan cemas apalagi jika Anda melahirkan untuk pertama kalinya.

Untuk mengatasi rasa nyeri kontraksi seperti ini, langsung saja Anda simak berikut ini:

Berendam Dalam Air

Merendam dengan air yang hangat ketika akan menjalani persalinan sangat ampuh untuk mengatasi rasa nyeri kontraksi. Air hangat bisa merilekskan otot-otot Anda yang tegang. Anda juga bisa memanfaatkan bathtub di rumah sakit tempat Anda ingin bersalin. Tekanan lembut pada shower bisa memberikan efek nyaman.

MENARIK:  Apa Itu Obstetri?

Ciptakan Suara

Ibu hamil akan merasakan kesakitan ketika ingin melahirkan sehingga mengeluarkan suara kesakitan. Untuk itu, merilekskan pundak dan bernafaslah lebih ringan agar otot-otot panggul yang menegang bisa kembali kendur.

Atur Posisi Tubuh

Duduk santai dengan menyandarkan diri pada suami tercinta bisa mengurangi rasa nyeri yang Anda rasakan. Tapi terkadang dokter akan melarang Anda melakukan gerakan yang terlalu sering. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada bayi Anda.

Melakukan Pemijatan

Pijatan lembut bisa mengurangi rasa nyeri yang dirasakan. Caranya pijat bagian punggung dari atas ke bawah dengan tekanan yang lembut. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bola tenis. Caranya, dengan gerakan memutar pada punggung bagian bawah Anda sehingga Anda kembali rileks.

Melakukan Afirmasi

Jika Anda tipe orang yang paranoid terhadap sesuatu, tentu hal ini akan menambah rasa nyeri Anda. Untuk itu, sebaiknya Anda berpikir yang positif, misalnya proses persalinan yang alami. Berpikir positif bisa menghilangkan paranoid Anda. Selain itu, Anda juga bisa menceritakan semua keluhan kepada keluarga sehingga rasa cemas yang dirasakan bisa hilang.