Mendeteksi Tanda Kehamilan Sebelum Terlambat Haid

Mendeteksi Tanda Kehamilan Sebelum Terlambat HaidMendeteksi tanda-tanda kehamilan sebelum terlambat haid bisa sulit, karena sebagian besar gejala memiliki kemiripan dengan gejala pramenstruasi seperti kram, kelelahan, bercak, dll.

Setiap wanita yang mencoba untuk hamil biasanya tidak sabar dan sangat penasaran untuk mengetahui bahwa dia telah hamil atau belum dan berusaha mencari dalam dirinya tentang berbagai gejala kehamilan. Memang, terlambat haid merupakan tanda paling pasti dari kehamilan, tapi itu bukan indikator pertama kehamilan.

Bila anda tidak haid, itu berarti bahwa usia kehamilan anda sudah sekitar tiga minggu hamil meskipun ini bukan ketentuan yang pasti karena tidak ada yang bisa menentukan secara pasti sudah berapa minggu kehamilan anda karena itu semua tergantung pada tanggal pembuahan.

Loading...

Tapi biasanya ovulasi umumnya terjadi pada empat belas hari sebelum mendapatkan menstruasi berikutnya, itu diasumsikan bahwa usia kehamilan anda sudah 3 minggu ketika anda pertamakali terlambat datang bulan.

Untuk memastikan hamil tidaknya anda, ada beberapa gejala kehamilan sebelum anda tidak mendapatkan haid, dan gejala ini yang sering luput dari perhatian kebanyakan wanita karena selalu berpatokan dengan haid.

Tanda pertama dari masa kehamilan sebelum terjawab bervariasi dari satu wanita dengan yang lain. Tapi jangan cemas jika anda belum mengalami gejala ini. Tubuh setiap wanita bekerja secara berbeda. Namun demikian, berikut adalah beberapa tanda-tanda umum kehamilan sebelum periode tidak terjawab.

MENARIK:  Penderita Kolesterol Tinggi Akan Menghambat Kehamilan

Peningkatan Suhu Tubuh
Setelah ovulasi, tubuh mengalami kenaikan suhu tubuh basal. Hal ini terjadi karena meningkatnya pelepasan progesteron. Bila pembuahan tidak terjadi, kadar progesteron menurun sehingga mengakibatkan penurunan suhu (implantasi dip).

Namun, jika pembuahan tidak terjadi dan seorang wanita menjadi hamil, tingkat progesteron diselenggarakan dalam rangka untuk mempertahankan kehamilan.

Dengan demikian, suhu tubuh basal akan berada pada tingkat tinggi untuk jangka waktu yang lama. Namun, perubahan suhu ini biasanya cukup sulit untuk dideteksi secara praktis.

Spotting Implantasi
Sekitar delapan hari setelah ovulasi, seseorang mungkin mengalami bercak implantasi. Hal ini terjadi segera setelah telur dibuahi atau zigot menempel pada dinding rahim. Ketika zigot menempel pada endometrium, ada debit merah muda-merah atau kecoklatan yang mungkin bisa terlihat melalui vagina anda. Namun hal ini pun bukan satu kepastian karena hanya 1/3 dari wanita hamil mengalaminya.

Kram Implantasi
Kram pada awal kehamilan sering terjadi dan memiliki kemiripan dengan kram menjelang menstruasi, itulah sebabnya mengapa gejala ini terjadi tanpa disadari oleh sebagian besar wanita.

MENARIK:  Dampak dan Bahaya Senam Kegel

Wanita mungkin mengalami rasa nyeri di bagian bawah perutnya yang mirip dengan kram menjelang menstruasi sehingga meskipun kram ini merupakan gejala awal kehamilan sebelum jatuh tempo haid, sering dianggap gejala datang bulan.

Kelembutan pada payudara

Tak lama setelah pembuahan, perubahan hormonal dalam tubuh yang membuat beberapa pada payudara, misalnya payudara terasa sakit, membengkak dan menjadi lebih berat.
Demikian juga halnya dengan peningkatan sensisifitas pada puting bahkan terasa lebih lembut lagi serta daerah sekitar puting (areola) menjadi lebih gelap.

Namun, indikator ini diberikan oleh tubuh sekitar dua minggu setelah pembuahan dan sering tidak diketahui oleh seorang wanita dan menganggap hal ini merupakan gejala pramenstruasi.

Kelelahan
Kelelahan, letih dan lesu dapat dialami oleh beberapa wanita selama tahap awal kehamilan. Namun, perasaan ini juga sering terabaikan karena dianggap sebagai sesuatu yang disebabkan oleh kesibukan sehari-hari, gaya hidup stres, dll.
Sebenarnya kelelahan yang terjadi diawal kehamilan ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon yang terjadi ketika sedang terjadi pembuahan.

MENARIK:  Cara Alami Mengatasi Mimisan di Masa Hamil

Sering buang air kecil
Segera setelah pembuahan terjadi, tubuh mulai mepersiapkan diri untuk janin yang sedang berkembang. Rahim akan mulai membesar untuk menampung pertumbuhan janin.
Karena terjadi pembesaran rahim maka kandung kemih akan mendapatkan sedikit tekanan sehingga wanita hamil selalu ingin buang air kecil.

Beberapa gejala lain seperti sakit kepala, mulas, keengganan ataupun keinginan yang kuat terhadap makanan tertentu, gangguan pencernaan, sembelit, dll dapat pula dirasakan oleh beberapa wanita.

Seorang perempuan mungkin atau mungkin juga tidak mengalami salah satu dari tanda-tanda yang disebutkan di atas. Namun, gejala-gejala yang disebutkan di atas hanya kejadian umum saja.

Bahkan jika seseorang mengalami gejala-gejala ini, seseorang tidak bisa memastikan bahwa ia sedang hamil, karena gejala-gejala ini umum untuk berbagai kondisi lainnya.

Jadi cara terbaik untuk memastikan anda sedang hamil atau tidak adalah dengan menunggu untuk mendapatkan hasil tes yang positif yang anda lakukan dirumah.

Loading...