Loading...

Mengenal Serba-serbi Menyusui

Mengenal Serba-serbi Menyusui

Mengenal Serba-serbi Menyusui

DUNIAKEBIDANAN.COM – The American Academy of Pediatrics menyarankan bahwa ASI eksklusif wajib diberikan selama 6 bulan pertama hingga 1 tahun. Sedangkan, WHO dan UNICEF menyarankan ASI eksklusif harus diberikan selama 6 bulan, seperti menyusui 1 jam pertama setelah melahirkan, menyusui setiap bayi merasa lapar, dan hindari menggunakan botol atau dot.

Menyusui harus segera dilakukan saat baru dilahirkan. Ibu yang melakukan cara ini akan mempunyai keberhasilan yang lebih besar dibanding mereka yang tidak.

Loading...

Perlu Anda ketahui bahwa bayi baru lahir harus segera disusui setiap 2 hingga 3 jam sampai bayi merasa kenyang. Untuk meningkatkan produksi ASI optimal, Anda harus menyusui minimal 5 menit di setiap payudara pada hari pertama. Apalagi jika menyusui 20 menit pada masing-masing payudara hasilnya akan sangat maksimal.

Namun, sebaiknya Anda tidak perlu membatasi waktu menyusui. Karena semakin sering Anda menyusui, maka produksi ASI bisa meningkat, mencegah payudara terasa nyeri dan meminimalkan bayi terkena penyakit kuning.

Normalnya jumlah ASI setelah Anda melahirkan mencapai 550 ml dalam sehari. Dan selanjutnya 2 hingga 3 minggu, produksi ASI pun meningkat menjadi 800 ml per hari. Bahkan, produksi ASI bisa meningkat sampai 1,5-2 L per harinya.

Namun, itu semua tergantung dari seberapa banyak bayi yang akan menyusui. Semakin sering Anda menyusui, maka semakin banyak pula hormon prolaktin yang akan dilepaskan yang berarti produksi ASI Anda meningkat.

Menyusui bisa berhubungan dengan ketidaknyamanan pada payudara Anda. Rasa nyeri yang Anda rasakan pada puting bisa Anda diatasi dengan memberikan krim vaselin. Selain itu, Anda juga bisa mengubah posisi menyusui.

Pada umumnya wanita yang sedang menyusui memerlukan 500 sampai 1000 kalori lebih banyak dibanding wanita yang tidak menyusui. Selain itu, wanita menyusui juga akan sangat rentan seperti kekurangan magnesium, vitamin B6, folat, kalsium, dan seng.

Ingat, ASI yang tidak mempunyai suplai zat besi yang cukup, maka lebih cenderung mengalami bayi prematur. Maka dari itu, disarankan untuk wanita menyusui agar selalu memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Mengenal Serba-serbi Menyusui | DuniaKebidanan.com | 4.5