Loading...

Penyebab Laktasi Tanpa Kehamilan

Penyebab Laktasi Tanpa KehamilanLaktasi tanpa Kehamilan adalah suatu kondisi medis dan biasanya mempengaruhi wanita, tetapi kadang pula terjadi pada pria bahkan bayi.

Laktasi atau sekresi susu dari kelenjar susu adalah sesuatu yang normal bagi wanita yang sedang hamil atau baru saja melahirkan.

Dan sekresi susu tersebut karena pengaruh hormon oksitosin yang dihasilkan setelah kelahiran bayi yang merangsang kontraksi rahim dan memberikan dorongan untuk memulai proses laktasi.

Loading...

Namun, dalam kasus tertentu laktasi atau keluarnya cairan dari payudara tanpa hamil atau menyusui. Kondisi ini lebih dikenal dengan istilah galaktorea.

Terkait dengan cairan putih dari payudara tanpa menyusui atau hamil , galaktorea adalah tanda dari beberapa masalah mendasar seperti gangguan kelenjar hipofisis atau efek samping dari obat tertentu.

Dan berikut adalah beberapa penyebab umum laktasi tanpa kehamilan.

1. Faktor obat-obatan

Obat-obat tertentu seperti obat penenang, obat-obatan untuk tekanan darah tinggi dan antidepresan dapat menyebabkan laktasi tanpa kehamilan.

Obat umum yang terkait dengan galaktorea meliputi agen untuk memblokir reseptor dopamin dan histamin dan agen dopamin depleting.

Pil KB juga dapat menyebabkan laktasi karena estrogen dalam pil ini menekan sekresi hipotalamus yaitu faktor penghambat prolaktin dan merangsang lactotrophs. Dan dalam kasus laktasi yang disebabkan oleh asupan obat tersebut, maka segeralah konsultasikan dengan dokter anda.

2. Tumor pituitary
Salah satu penyebab paling umum dari galaktorea adalah tumor di kelenjar hipofisis. Tumor jinak seperti prolaktinoma dapat mengakibatkan produksi prolaktin. Kelebihan prolaktin dalam darah dapat menyebabkan stimulasi susu oleh kelenjar susu bersama dengan hadirnya gejala lain seperti nyeri di payudara, sakit kepala, penurunan aktivitas intimual , infertilitas dan haid tidak teratur.

Tumor non-kanker juga dapat mempengaruhi laki-laki dan mengakibatkan dorongan intimual menurun, impotensi dan pembesaran jaringan payudara.

3. Hypothyroidism
Hypothyroidism juga bisa menyebabkan galaktorea namun kejadian ini sangat jarang terjadi. Hipotiroidisme primer dapat menyebabkan peningkatan produksi hormon thyrotropin releasing sehingga menyebabkan pelepasan prolaktin yang berlebihan.

Hyperprolactinemia ( kelebihan prolaktin ) juga dapat menyebabkan penurunan metabolisme prolaktin dan penurunan sekresi dopamin.

4. Gagal ginjal kronis
Dalam kasus yang jarang terjadi, orang dengan penyakit ginjal kronis memiliki tingkat prolaktin karena ketidakmampuan ginjal untuk membersihkan prolaktin . Hal ini juga dapat menyebabkan keluarnya cairan dari puting .

5. Penyebab lain

Penyebab neurogenik tertentu juga dapat menyebabkan laktasi tanpa menyusui atau kehamilan. Stimulasi payudara yang berkepanjangan selama berintim atau selama pemeriksaan payudara dapat menyebabkan galaktorea. penyebab lainnya adalah cedera dan kerusakan pada dada, cedera tulang belakang dan tumor.

Penyebab Laktasi Tanpa Kehamilan | DuniaKebidanan.com | 4.5