Loading...

Apakah Normal Menstruasi Anda?

Apakah Normal Menstruasi Anda?Menstruasi adalah salah satu perubahan yang terjadi pada seorang wanita yang akan menandakan bahwa mereka telah bergabung masa pubertas. Pada umumnya yang dimulai terjadi pada wanita yang usianya 14 tahun. Setiap wanita mempunyai siklus yang berbeda-beda, seperti ada yang siklusnya panjang, pendek, nyeri ketika menstruasi, keluarnya darah yang banyak ataupun sedikit.

Untuk hal semacam itu yang biasanya menjadi pertanyaan bagi kalangan wanita, apakah itu termasuk normal atau tidak? bisa saja Anda adalah salah satunya. Oleh sebab itu berikut ini adalah ciri-ciri menstruasi yang termasuk dalam kategori normal.

Pada wanita yang telah mengalami menstruasi seringkali mempunyai gejala PMS atau Pre Menstrual Syndrome, hal tersebut bisa disimpulkan normal, sebab adanya pengaruh dari hormon. Pada umumnya gejala yang dirasakan setiap individu akan berbeda-beda, seperti terjadinya perubahan emosi, nafsu makan meningkat, nyeri payudara, berjerawat.

Loading...

Siklus menstruasi merupakan hari pertama menstruasi interval yang diperhitungkan dari dua siklus menstruasi, pada umumnya 28 hari, terkadang lebih awal atau terkadang juga lambat. Jika terlambatnya siklus menstruasi tersebut tidak lebih dari 7 hari, hal tersebut masih dianggap normal, maka siklus haid yang normal tidak boleh kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Nyeri ketika mengalami menstruasi sering terjadi, normalnya hanya terjadi pada 1 hingga 2 hari pada ketika menstruasi atau akan mulai menstruasi.

Jika saja nyeri menstruasi terjadi sampai 7 hari atau lebih, segera periksakan diri Anda ke dokter. Memasuki masa menstruasi biasanya keluar darah yang berupa gumpalan namun tidak terlalu banyak, hal tersebut bisa disimpulkan normal, tetapi jika volume lebih dari biasanya akan dianggap tidak normal.

Banyaknya darah yang akan keluar pada setiap siklusnya antara 20 hingga 60cc. Pembalut telah mempunyai daya tampung yang berbeda-beda yang di mulai dari 6cc ukuran kecil dan 15 hingga 20cc yang berukuran besar, ketika jika siklus menstruasi telah menghabiskan 3 hingga 7 pembalut terisi penuh hal tersebut masih dianggap normal.

Darah yang keluar ketika menstruasi baunya terasa khas, bau normal darah tidak terasa amis dan juga tidak berbau yang menyengat seperti bau busuk. Masa menstruasi normalnya terjadi selama 3 hingga 7 hari, jika saja terjadi lebih dari 7 hari dengan volume darah sama, maka segera Anda memeriksaka periksakan ke dokter.

Apakah Normal Menstruasi Anda? | DuniaKebidanan.com | 4.5