6 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Bagi Ibu Hamil

Loading...

6 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Bagi Ibu HamilSebelum anda mengalami kehamilan, mungkin biasanya Anda selalu sarapan dengan kue kering dan secangkir latte yang cepat, mudah, dan tidak terlalu sehat tentunya.

Begitu Anda mendapatkan hamil, tentu Anda harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan yang Anda ingin makan, karena makanan yang Anda makan sangat berpengaruh untuk sumber gizi bagi calon bayi Anda.

Selama masa kehamilan, Anda sangat membutuhkan protein dan kalsium dalam pertumbuhan pada janin dan juga dalam pembentukan tulang janin.

Selain itu, Anda juga sangat membutuhkan tambahan asam folat untuk mengurangi dampak bayi Anda terlahir cacat, dan membutuhkan lagi zat besi untuk membantu sel-sel darah merah dalam meneruskan oksigen ke bayi Anda.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi calon bayi, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan-makanan yang penuh nutrisi seperti berikut ini:

Gandum

Gandum merupakan makanan yang diperkaya dengan asam folat dan zat besi, kandungan serat yang terdapat dalam makanan ini juga sanagt tinggi dibandingkan dengan roti putih dan nasi biasa. Sebaiknya Anda harus mencampurkan gandum ke dalam menu makanan Anda, seperti oatmeal untuk sarapan, sandwich dari roti gandum untuk makan siang, dan beras merah untuk makan malam Anda.

MENARIK:  Tips Untuk Dapat Menyusui Pasca Persalinan Caesar

Kacang-kacangan

Di saat hamil, Anda juga harus menjaga kondisi berat badan untuk tidak berlebihan sehingga dapat terhindar dari resiko terkenanya diabetes. Sebaiknya Anda harus tambahkan kacang-kacangan seperti kacang hitam, kacang putih, kacang pinto, kacang lentil, kecambah, kacang garbanzo, atau kacang kedelai ke dalam menu makanan diet Anda. Selain itu cobalah untuk membuat makanan yang asalnya dari kacang-kacangan dalam makanan seperti sup, salad, maupun hidangan pasta. Selain yang mengandung protein dan serat, kacang-kacangan ini juga merupakan salah satu sumber nutrisi yang paling penting, seperti zat besi, folat, kalsium dan zat seng (zinc).

Salmon

Dalam zat Omega-3 dapat menumbuhkan perkembangan otak dan visi pada janin, dan salmon merupakan sumber terbesar dari zat tersebut. Selain itu, salmon juga bersumber dari protein dan juga vitamin B. Diketahui salmon memang relatif rendah merkuri dibandingkan dengan ikan lainnya, tapi batasilah dalam mengkonsumsinya agar tidak lebih dari 12 ons ikan salmon per minggu untuk meminimalkan adanya kandungan merkuri.

MENARIK:  Usia wanita mempengaruhi resiko kehamilan

Telur

Kita ketahui kalau telur telah mempunyai berbagai macam kandungan nutrisi yang sanagt baik untuk ibu hamil. Makanan yang memiliki sumber protein ini telah menyediakan asam amino yang bagus bagi Anda dan juga janin Anda. Telur juga telah memiliki lebih dari selusin vitamin dan mineral, termasuk kolin dan lutein, tetapi Anda harus pastikan untuk memasak telur sampai matang terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, sebab jika telur setengah matang atau mentah dapat mengakibatkan keracunan pada ibu hamil.

Berries

Blueberry, raspberry, dan blackberry merupakan buah-buahan yang enak dan yang kaya akan vitamin C, kalium, folat, dan juga serat. Anda bisa memberikan buah-buahan ini ke atas pancake atau sereal Anda, atau bahkan Anda bisa membuatnya dalam smoothies dari buah-buahan ini.

Yogurt Rendah Lemak

Secangkir yogurt dan rendah lemak telah memiliki lebih banyak kalsium dibandingkan susu, selain itu yogurt ini juga telah memiliki kandungan protein yang tinggi dan tanpa mendapat tambahan gula. Tambahkan yogurt dengan buah-buahan atau sesuatu yang renyah seperti sereal gandum.

MENARIK:  Susu Mengandung Kalsium Baik Bagi Tulang

Selain itu, Anda juga akan sangat membutuhkan susu khusus bagi ibu hamil yang memiliki kandungan nutrisi mikro dan makro untuk pertumbuhan dan perkembangan pada janin Anda. Hal seperti ini penting dilakukan untuk memastikan kalau nutrisi tambahan ibu hamil dalam sehari bisa terpenuhi. Jika Anda masih ragu-ragu, Anda bisa mengkonsultasikannya kepada dokter Anda.