7 Alasan Mengapa Hasil Tes Kehamilan Bisa Salah

Loading...

7 Alasan Mengapa Hasil Tes Kehamilan Bisa SalahSebahagian besar wanita untuk mengetahui lebih dini apakah mereka positif hamil atau tidak dengan melakukan tes kehamilan sendiri di rumah.

Memang, menggunakan tes kehamilan di rumah sangat mudah digunakan, murah dan diklaim 99 persen akurat dalam menentukan kehamilan.

Namun, ada beberapa kasus ketika hasil tes kehamilan dapat negatif palsu atau positif palsu. Mengapa demikian? Dan apa alasan yang dapat membuat tes kehamilan memberi hasil yang salah?

Berikut adalah 7 Alasan mengapa hasil tes kehamilan bisa salah

1. Kualitas alat tes yang buruk.

Ketika anda hendak membeli alat tes kehamilan, selalu memeriksa tanggal kedaluwarsanya. Alat tes kehamilan yang kedaluwarsa atau disimpan pada tempat yang buruk dapat memberikan hasil yang salah.

2. Kesalahan Dalam Menggunakan Alat
Kebanyakan Alat tes kehamilan meminta anda untuk menggunakan urin dipagi hari pertama yang harus anda kumpulkan dalam cangkir. Jika cangkir tidak bersih dan ada jejak sabun atau deterjen yang tersisa di cangkir, maka hasil tes kehamilan di rumah juga mungkin bisa menunjukkan hasil yang salah.

3. Pemeriksaan terlalu dini

Banyak wanita tidak sabar untuk mengetahui hasil dan bisa mendapatkan hasil negatif palsu karena mereka melakukan tes terlalu dini.

MENARIK:  Semakin Lama Memberi ASI Semakin Banyak Manfaat Bagi Bayi

Jika anda melakukan tes kehamilan di rumah pada hari pertama dari ketidak hadiran haid, keakuratan hasil alat tes bisa mencapai 80 persen.

Hal ini terjadi karena tingkat HCG yang dihasilkan selama kehamilan mungkin tidak cukup tinggi untuk memberikan hasil positif jika dilakukan terlalu dini. Makanya spesialis biasanya merekomendasikan menunggu seminggu setelah terlambat haid untuk memeriksa hasil lagi.

4. Obat-obatan.

Hasil tes kehamilan di rumah juga mungkin salah jika anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Dan termasuk pada beberapa jenis yang mengandung hormon, antikonvulsan, obat penenang, diuretik, promethazine dan obat-obatan untuk mengobati penyakit Parkinson.

5. Keguguran.
Hasil tes kehamilan negatif juga bisa terjadi jika anda mengalami keguguran pada tahap awal kehamilan. Hubungi dokter anda terutama jika anda memiliki tanda-tanda lain seperti perdarahan abnormal.

6. Interpretasi yang salah
Dalam beberapa kasus, perempuan hanya salah menafsirkan hasil tes kehamilan di rumah, terutama ketika mereka melihat garis samar pada alat tes. Dalam situasi ini lebih baik menggunakan dua jenis tes kehamilan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

MENARIK:  Asuhan Persalinan Normal

7. Tumor
Hasil positif palsu dari alat tes kehamilan bisa juga disebabkan oleh tumor yang tumbuh pada saluran reproduksi. Tumor dapat menghasilkan HCG dan memberikan hasil yang salah.

Demikianlah beberapa alasan mengapa hasil tes kehamilan anda bisa salah dan semoga menjadi informasi yang berguna untuk anda.