Cara Merawat Puting Payudara Bagi Ibu Menyusui

Loading...

Cara Merawat Puting Payudara Bagi Ibu MenyusuiKetika Anda telah menyusui si kecil, pasti puting payudara Anda sering kali mengalami luka dan kesakitan. Ini merupakan salah satu tantangan yang harus dirasakan oleh para ibu.

Timbulnya rasa sakit pada puting payudara tersebut disebabkan karena bayi yang mengkomsumsi ASI terlalu keras. Akibatnya puting mengalami kesakitan bahkan sampai berdarah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

1. Kurangi Penggunaan Bra

Bra yang tidak cocok akan memeberikan tekanan pada payudara dan menghalangi kulit untuk bernafas. Sehingga kulit payudara yang mengalami kelembapan ini bisa mengakibatkan masalah pada puting Anda. Kalau Anda memang sedang menyusui usahakan untuk tidak memakai bra atau pilih bra yang nyaman. Dengan cara ini sangat membantu untuk mengurangi terjadinya iritasi pada puting payudara Anda. Semakin banyak udara yang masuk akan mengurangi dampak terjadinya luka atau iritasi.

2. Menyusui Secara Rutin

Ketika Anda menyusui secara rutin, otomatis si kecil juga akan merasa kenyang dan tidak sampai merasa kelaparan. Sebagian bayi jika telah menyusui, ia sering menggigit bahkan menarik puting payudara. Namun jika mereka disusui secara rutin maka tentu saja mereka akan mengurangi resiko terjadinya luka pada puting payudara Anda.

MENARIK:  5 Langkah Memeriksa Payudara Sendiri

3. Pompa Payudara

Jika ingin menyusui si kecil ada baiknya Anda harus terlebih dahulu menggunakan pompa payudara paling tidak selama kurang lebih 2 menit. Dengan melakukan hal tersebut akan sangat membantu untuk membuat wilayah payudara lebih lemas dan juga melancarkan keluarnya ASI Anda.

4. Gelitikkan Puting Pada Bayi

Untuk memulai menyusui sebaiknya gelitikkan terlebih dahulu puting di mulut bayi. Ketika mulut bayi sudah terbuka lebar baru masukkan puting Anda. Hal ini akan menjauhkan Anda dari resiko luka akibat tergigit.

5. ASI

Sebaiknya cobalah untuk memberikan ASI pada puting Anda setelah menyusui. ASI ini sangat baik sebab telah mengandung banyak antibodi. ASI ternyata bisa menyembuhkan luka pada puting dengan cepat.

6. Kantung Teh Hangat

Ketika ingin menyusui si kecil, terlebih dahulu coba Anda kompreskan kantung teh hangat pada puting payudara. Hal ini akan memberikan penyegaran pada puting Anda dan akan sangat membantu mengobati saat puting Anda terluka.

***

Selamat mencoba.