Masalah Gigi & Mulut pada Ibu Hamil

Loading...

Masalah Gigi & Mulut pada Ibu Hamil
Masalah Gigi & Mulut pada Ibu Hamil

DUNIAKEBIDANAN.COM – Kehamilan adalah keadaan dimana tubuh wanita mengalami perubahan, termasuk juga rongga mulut. Perubahan hormonal yang dialami ibu hamil disertai dengan perubahan dan kelainan pada area rongga mulut.

Untuk itu, langsung saja Anda simak berikut ini masalah gigi dan gangguan pada ibu hamil:

Radang Gusi

Masalah yang paling sering dijumpai pada ibu hamil adalah peradangan gusi.Tanda-tandanya adalah gusi mengalami pembengkakan dan berwarna Fiery red. Selain itu, gusi mudah berdarah.

Gigi Goyang

Gigi pada ibu hamil lebih mudah goyang, hal ini dikarenakan radang gusi yang terjadi.

Mulut Kering (xerostomia)

Mulut kering merupakan hal yang biasa terjadi, dan hal ini disebabkan perubahan hormon pada ibu hamil. Jadi, disarankan untuk mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak atau bisa juga mengunyah permen karet untuk merangsang keluarnya air liur.

Sialorrhea atau Ptyalism

Produksi air liur yang berlebihan akan dialami ibu hamil saat memasuki minggu kedua atau ketiga kehamilan. Kemudian mereda ketika akhir trimester pertama. Keadaan seperti ini perlu diwaspadai.

MENARIK:  Cara Atasi Penyakit Batuk pada Ibu Hamil

Tumor kehamilan

Tumor kehamilan ini terjadi ketika adannya infeksi lokal seperti plak dan sisa makanan yang berlebihan. Tumor ini akan muncul pada gusi di antara gigi. Selain itu, gusi lebih mudah terkena iritasi lokal. Pada umumnya tumor kehamilan muncul saat memasuki trimester kedua dan berakhir setelah melahirkan.