4 Tips Jika Bayi dan Balita Tidak Rewel Setelah Imunisasi

Loading...

4 Tips Jika Bayi dan Balita Tidak Rewel Setelah ImunisasiDUNIAKEBIDANAN.COM – Imunisasi merupakan tahap yang akan dilewati bayi, balita sampai kepada orang dewasa. Pada umumnya, imunisasi lebih sering dilakukan kepada bayi dan balita. Biasanya bayi dan balita selalu rewel setelah menjalani imunisasi.

Hal ini terjadi karena rasa sakit bekas jarum yang mereka rasakan dan reaksi imunisasi pada tubuh. Nah, jika ingin bayi dan balita tidak rewel saat menjalani imunisasi, beberapa tips di bawah ini Anda bisa melakukan, dilansir oleh babycenter.com, diantaranya:

1. Imunisasi Saat Bayi atau Balita Sehat

Jika melakukan imunisasi di masa kini hanya sedikit yang memberi reaksi demam pada bayi. Tapi lebih disarankan jika melakukan imunisasi saat tubuh bayi dan balita dalam keadaan sehat. Sebaiknya hindari memberikan imunisasi saat keadaan bayi dan balita demam, batuk, pilek atau sakit yang lebih serius.

2. Beritahu Apa Alergi Anak Anda

Tidak semua bahan vaksin imunisasi cocok dengan tubuh bayi Anda. Seperti yang diketahui ada sebagian bahan vaksin imunisasi yang kadang bertentangan dengan tubuh bayi dan dapat mengakibatkan alergi. Sebaiknya katakan pada dokter alergi apa saja yang dialami oleh anak Anda.

MENARIK:  Ibu Sering Mengalami Migrain Maka Anak Bayi Lebih Rentan Mengalami Kolik

3. Kompres Bekas Imunisasi Dengan Air Dingin

Setelah dilakukannya imunisasi pada bayi dan balita, sering dirasakan rasa ngilu pada bekas imunisasi, Anda bisa melakukan dengan meringankan rasa ngilu itu dengan cara mengompresnya dengan air dingin. Jika anak Anda merasakan demam setelah diimunisasi, segera konsultasikan pada dokter sebelum memberikan obat penurun panas.

4. Jangan Sampai Dehidrasi

Jika ingin melakukan imunisasi pada bayi dan balita, terlebih dahulu harus dipastikan kalau mereka tidak mengalami dehidrasi, apalagi jika ia sampai mengalami demam. Asupan air yang cukup sangat membantu tubuh bayi dan balita menurunkan demam dan panas di tubuhnya.

Pada umumnya demam dan rewel merupakan reaksi sangat wajar dari imunisasi. Tapi jika Anda telah menemukan tanda-tanda yang tidak sehat setelah imunisasi, misalkan bayi jadi sulit bernapas, sesak napas, keluar bintik merah atau ruam di kulit, wajah pucat, bayi terus muntah, dan pingsan, segera bawa bayi dan balita ke rumah sakit terdekat.