Pentingnya Wanita Melakukan Hubungan Intim Sebelum Ovulasi

Pentingnya Wanita Melakukan Hubungan Intim Sebelum OvulasiJika anda memiliki pemahaman yang baik tentang proses ovulasi, anda pasti menyadari pentingnya melakukan hubungan intimual sebelum ovulasi.

Ovulasi terjadi ketika hormon tertentu yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisis sebagai sinyal ovarium untuk melepaskan telur. Pelepasan telur ini telah siap kawin dengan sperma yang menghasilkan pembuahan.

Jika telur tidak dibuahi, setelah beberapa hari telur tersebut akan keluar itu dari dalam tubuh yang disebut dengan darah haid. Dan selanjutnya, telur baru ini kembali dirilis dan proses berlanjut secara siklik.

Loading...

Siklus ovulasi yang normal selesai dalam 28 hari. Dan pada hari pertama periode menstruasi anda juga merupakan hari pertama dari siklus ovulasi anda.

Lalu apa manfaatnya dengan topik pembahasan diatas? Proses ovulasi sangat bermanfaat untuk membahas secara singkat masa hidup telur dan sperma untuk terjadi pembuahan.

Telur memiliki umur lebih pendek dari sperma dimana setelah telur yang dilepaskan oleh ovarium hanya mampu bertahan selama sekitar dua puluh empat jam. Sementara Sperma bisa bertahan sampai tujuh puluh dua jam dalam sistem reproduksi wanita.

MENARIK:  Resiko dan Komplikasinya Jika Hamil Diatas 30 Tahun

Sekarang , jika anda melakukan hubungan intimual lebih dari satu hari setelah ovulasi, prospek sperma dalam pembuahan telur berkurang secara signifikan.

Tapi jika melakukannya sebelum anda berovulasi, sperma bisa menunggu telur yang akan dilepaskan oleh ovarium. Pada kondisi ini, meskipun anda hanya sekali dalam berintim peluang untuk terjadi pembuahan sangat besar.

Di sini pulalah waktu hubungan intimual bisa menjadi faktor penentu dalam seberapa cepat seorang wanita bisa hamil. Dan ini pulalah sebabnya mengapa dokter kesuburan menyarankan pasangan untuk melakukan intim beberapa hari sebelum hari ovulasi.

Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana mengetahui bahwa kita sedang berovulasi. Umumnya proses ini berlangsung empat belas hari sebelum hari pertama periode menstruasi.

Jadi jika periode menstruasi kita cukup teratur kita dapat melakukan perhitungan yang lebih akurat.

Loading...