Penyakit Jantung pada Bayi dan Anak

Loading...

Ada beberapa jenis penyakit jantung yang menampakkan diri pada bayi dan anak muda. Salah satunya adalah tipe bawaan, yang berkembang bahkan sebelum bayi lahir. Ini termasuk malformasi jantung, seperti adanya lubang antara bilik, fusi dari ruang, tidak adanya ruang atau katup, atau meshing dari arteri, yang karenanya mencegah berfungsinya jantung. Cacat jantung bawaan dapat menjadi jelas segera setelah lahir, tetapi beberapa diantaranya tidak terdeteksi sampai jauh kemudian.

Statistik menunjukkan bahwa delapan dari setiap seribu bayi menderita masalah jantung bawaan, mulai dari ringan sampai kasus yang parah. Banyak kali, kemungkinan memiliki bayi dengan penyakit jantung bawaan tidak dapat dinilai dengan pasti. Meskipun probabilitas tampaknya lebih tinggi bila sudah ada kasus masalah dalam keluarga. Bahkan orang tua yang sehat dapat memiliki bayi dengan gangguan ini.

Meskipun asumsi adalah bahwa penyakit jantung bawaan adalah asal genetik, penelitian telah mengidentifikasi gen sangat sedikit yang jelas berhubungan dengan gangguan jantung. Ada beberapa bukti bahwa kondisi ini juga dapat disebabkan oleh obat yang diminum oleh ibu atau infeksi dikontrak saat hamil.

MENARIK:  Tips Menidurkan Bayi Agar Tidak Rewel dan Menangis

Penyakit Jantung dan Peradangan

Ada juga penyakit jantung pada anak yang tidak bawaan. Ini biasanya yang disebabkan oleh suatu penyakit yang bayi atau anak telah, seperti demam rematik. Demam rematik dapat menyebabkan radang di dalam hati yang secara permanen dapat merusak fungsi hati yang tepat. Aritmia, atau detak jantung tidak teratur, dapat kongenital atau didapat.

Kelainan jantung pada bayi baru lahir yang sering dikaitkan dengan kasus bayi biru. Ini juga dapat mempengaruhi perkembangan normal anak, yang mungkin pada waktu mengalami kesulitan dalam bernafas, nafsu makan yang buruk, dan pertumbuhan lambat.