Semangka: Makanan Sehat untuk Diet

Loading...

Makanan Sehat untuk DietSemangka termasuk salah satu buah segar yang digolongkan sebagai makanan fungsional (functional food).

Alasannya, semangka rendah kalori meskipun rasanya manis, banyak mengandung air, bebas lemak, kaya betakaroten dan vitamin C, serta berlimpah likopen yang berkhasiat obat. Keunggulan ini menjadikan semangka aman dinikmati seberapapun Anda suka.

Sekalipun rasanya manis, semangka tidak menyimpan kalori berlimpah, hanya 28 kalori per 100 g. Bandingkan dengan belimbing yang sama-sama berair, ternyata memiliki kandungan energi 36 kalori.

Sekalipun rasanya manis, kadar gulanya hanya 5%. Tidak mengherankan jika kandungan kalorinya terbatas. Kombinasi kadar gula terbatas dan kadar air berlimpah menjadikan semangka cocok bagi pelaku diet rendah kalori. Apalagi karena semangka bersifat ‘makan tempat’ (bulky) di dalam lambung, sehingga cepat membuat kenyang.

Semangka sangat baik bagi pengidap hipertensi. Kandungan air dan kaliumnya yang tinggi membantu mengontrol tekanan darah, apalagi karena semangka tidak mengandung lemak. Beberapa literatur juga menyebutkan semangka bermanfaat mempergiat kerja jantung. Sejumlah antioksidannya, termasuk betakaroten dan vitamin C, membantu sel-sel tubuh tetap sehat.