Tips Menidurkan Bayi Agar Tidak Rewel dan Menangis

Tips Menidurkan Bayi Agar Tidak Rewel dan MenangisKebanyakan dari orang tua selalunya merasa mengeluh ketika bayinya menangis dan rewel di malam hari, mungkin itu disebabkan karena lapar, mengompol atau memang sedang rewel. Dan hasilnya, orang tua jadi sering begadang dan keesokan harinya lemas sebab mengantuk.

Pada situasi yang seperti ini biasanya akan dialami para orang tua lebih dari enam bulan. Dan selama tahap enam bulan tersebut, coba bayangkan saja ketika tubuh lemas, mata sudah mulai kelihatan hitam dan berkantung sebab mengantuk selalu dialami setiap harinya.

Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut dan Anda bersama si kecil tetap bisa tidur nyenyak, berikut ini ada beberapa tips dari Boldsky.com yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

Loading...

Mengatur Jam Biologis Rutin

Jika Anda menginginkan bayi Anda tak mau rewel lagi, Anda harus pandai-pandai untuk melatih jam biologisnya. Contohnya, agar ia tidak menangis pada saat ngompol, sebaiknya sebelum tidur Anda harus membantu si kecil untuk buang air kecil terlebih dahulu. Karena jam tidur bayi sangat mudah diatur dibandingkan dengan jam tidur orang dewasa. Selain itu, kegiatan merekapun lebih banyak dalam hal tidur dan beristirahat.

MENARIK:  Si Kecil Sangat Rentan Mengalami Masalah Gigi

Buat Atmosfer Tidur yang Nyaman

Sebaiknya Anda harus mengatur ruangan sampai terasa nyaman dan Anda harus menyingkirkan benda-benda yang bisa membuat penasaran si bayi serta ingin bermain. Buatlah suasana tempat tidurnya sampai kelihatan bersih dan hanya bisa terlihat oleh benda-benda untuk tidur.

Untuk menidurkan si kecil, pencahayaan juga harus diperhatikan sebab nuansa tidur yang nyaman merupakan temaram, sehingga ia merasa tak terganggu oleh cahaya lampu sehingga ia bisa tidur nyenyak.

Biarkan Tidur Sendiri

Kesalahan yang sering terjadi pada orang tua adalah selalunya menggendong dan menemaninya tidur. Ketika pada saat si kecil terbangun biasanya selalu mencari Anda harus ada disampingnya jika Anda tidak ada disampingnya maka ia merasa tidak nyaman dan rewel.

Oleh sebab itu, sejak usia dini Anda harus membiasakan si kecil untuk membiasakan tidur sendiri. Ketika saat ia tidur dan bangun, ia sudah tidak akan rewel lagi dan merasa kaget karena terbiasa dengan kenyamanan kesendiriannya.

Pilih Teman Tidur Untuknya

Sebaiknya Anda harus memilih boneka atau bantal guling sebagai pilihan terbaik untuk si kecil dalam menemani tidurnya. Karena bahan-bahan yang terasa nyaman, empuk, dan tidak memberikan debu atau berbulu paling cocok untuk menemani si kecil tidur. Ia merasa lebih nyaman, dan Anda tak perlu untuk meninggalkan tugas-tugas Anda sendiri untuk menemaninya tidur.

MENARIK:  Diare Pada Bayi dan Balita

Pastikan Ia Kenyang

Untuk menghindari terjadinya rewel di malam hari dan menangis karena lapar, Anda harus memastikan untuk memberikan asupan makan yang secara rutin dan tidak terlambat. Contohnya setiap dua jam sekali, dalam situasi terjaga atau tidur, beri ia ASI. Keunikan bayi adalah bisa tetap makan sekalipun mereka tidur lelap.

Tidak Terlalu Lelah

Pada umumnya kebanyakan dari para orang tua selalu beranggapan kalau di siang hari si kecil bisa bermain sepuasnya kemudian di malam hari ia merasa kecapean dan bisa terlelap tidur. Namun kenyataannya tidak demikian. Ketika di siang hari mereka terlalu aktif, tubuh mereka akan tidak nyaman dan sakit. Alhasil, di malam hari mereka akan terbangun dan rewel.

Mandi Rutin

Sebaiknya terapkan kegiatan memandikan si kecil dalam dua kali sehari. Anda tak perlu merasa takut masuk angin, selama Anda masih mengikuti cara-cara memandikan bayi yang tepat, si kecil akan merasa lebih rileks, nyaman dan tidur nyenyak sebab tubuhnya sudah terasa segar dan bersih.

MENARIK:  Cara Aman Menentukan Ranjang Bagi Si Kecil

Musik yang Lembut

Dengan mendengarkan alunan musik yang lembut membuat setiap orang merasa rileks dan mengantuk. Begitu pula dengan yang Anda rasakan, si kecil juga bisa mudah mengantuk terbawa ke alam mimpi saat mendengarkan musik. Sebaiknya Anda bisa mencoba cara ini, pasang musik yang tenang dengan suara yang lembut dan biarkan musik membuai dan membuatnya terlelap.

Loading...