Loading...

Serba-Serbi Kelahiran Bayi

Serba-Serbi Kelahiran BayiBagi Anda yang sebentar lagi ingin melahirkan bayi mungil ke dunia, tentunya harus mempersiapkan fisik dan mental, serta mempersiapkan pengetahuan mengenai si kecil agar Anda mampu menjadi ‘dokter’ terbaik untuknya. Hal-hal yang harus Anda ketahui mengenai bayi yang baru lahir antara lain :

1. Ketika bayi Anda sudah lahir, ia harus memperoleh pemberian imunisasi Hepatitis B tidak lebih dari 12 jam pertama lahir dan Vitamin K 1 maksimal 2 jam setelah lahir untuk mengatasi timbulnya resiko perdarahan.

2. Jika Anda memperoleh hal yang tidak biasanya pada penampilan bayi misalnuya, kepala berbentuk agak aneh (lonjong dsb), mata sembab, hidung pesek, telinga terlipat, payudara dan kemaluan membesar, darah/lendir keluar darr vagina, bunyi grok-grok, sering gumoh, serta sering BAB Anda tidak perlu kwatir mengenai hal tersebut sebab hal ini biasa terjadi. Dengan model kepala yang sedikit lonjong atau hidung yang pesek sebab biasanya mengalami penekanan pada proses kelahiran akan berangsur kembali pada bentuk yang seharusnya.

Loading...

3. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda sudah keluar dari Rumah Sakit, antara lain :
a. Pastikan bayi Anda memperoleh imunisasi polio.
b. Ada muncul beberapa pendapat keliru di masyarakat antara lain :
– Kalau bayi kuning tidak boleh di imunisasi,
– Memberikan susu formula saat ASI tidak keluar,
– Cara membungkus tali pusar tidak seperti yang dilakukan oleh bidan atau dokter di Rumah Sakit. Perhatikan cara membungkus pusar yang benar seperti yang diajarkan oleh bidan atau dokter. Sebaiknya TIDAK memberikan salep/bedak, memberikan koin, dll. Cukup memberinya alkohol 70% dan biarkan puput dengan sendirinya.
– Memakaikan sarung tangan kepada bayi. Perhatikan jika Anda memakaikan sarung tangan bayi, jangan sampai melukai tangan atau kuku bayi.
– Memakaikan gurita. Hal ini bisa mengakibatkan bayi sulit bernafas.

c. Menawarkan asi.
Jangan lupa untuk selalu membangunkan bayi setiap 2 jam sekali untuk memberikan minum asi.
d. Berat badan bayi
Anda harus mengetahui bahwa berat bayi akan menurun 10% dari berat lahir. Hal tersebut NORMAL terjadi.
e. Bayi kuning
Untuk menjemur bayi Anda, cukup dengan memberikan pakaian yang tipis dan nyaman digunakan. Jika Anda telah mendapatkan warna kekuningan pada kulit bayi yang muncul pada hari ke-2 atau ke-3, hal tersebut normal. Apabila Anda ragu akan warna kekuningan pada kulit bayi, segera konsultasikan kepada dokter.
f. Jika si kecil terkena infeksi penyakit.
Infeksi penyakit bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri. Common cold umumnya diakibatkan oleh adanya virus, dan tidak membutuhkan antibiotik. Jika dokter memeriksa dan mendapatkan indikasi infeksi bakteri, maka akan diberikan antibiotik.

Sebelum pulang ke rumah sebaiknya Anda harus menanyakan pada bidan atau dokter Anda hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk segera membawa bayi Bunda ke rumah sakit untuk diperiksa.

Serba-Serbi Kelahiran Bayi | DuniaKebidanan.com | 4.5