Loading...

Amankah Mengkonsumsi Teh Herbal Selama Menyusui?

Amankah Mengkonsumsi Teh Herbal Selama MenyusuiAmankah mengkonsumsi teh herbal selama menyusui? Semua orang meyakini bahwa ramuan herbal sangat aman untuk tubuh karena bebas bahan kimia dan termasuk dalam hal ini adalah teh herbal.

Namun bagaimana jika kita sedang menyusui, apakah tidak berdampak negatif pada bayi kita? Dan apa saja teh yang herbal yang aman dikonsumsi dan apa yang berisiko pada janin. Berikut adalah pembahasannya.

Bila kita sedang dalam masa menyusui bayi, segala jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi akan ditransferkan ke bayi melalui ASI.

Loading...

Dan jika pada saat yang sama kita juga terpaksa harus mengkonsumsi minuman teh herbal maka hal ini akan mengurangi produksi ASI, meskipun memang tidak semua jenis teh herbal dapat mempengaruhi rendahnya produksi ASI kita.

Beberapa jenis teh herbal yang dapat mempengaruhi produksi volume ASI seperti pepermin, meanthol, teh dandelion, sage dan oregano.

Mngkonsumsi teh peppermint memang sangat menyenangkan akan tetapi dapat menurunkan produksi ASI kita. Bahkan, jenis lain dari teh mint seperti spearmint atau mentol akan mengarah pada hasil yang sama.

Teh dandelion juga sangat berkhasiat untuk menenangkan pembengkakan yang terjadi selama kehamilan tetapi hal ini dapat menyebabkan dehidrasi dan salah satu faktor penyebab terjadinya iritasi pada kulit bayi.

Selain itu jenis teh herbal lainnya yang sebaiknya dihindari selama menyusui seperti teh hijau, teh ginseng, teh gingko, teh peterseli, dsb.

Alasannya adalah beberapa tumbuhan mengandung alkaloid dan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama menyusui.
Seperti halnya dengan teh hijau ini meskipun teh ini mengandung anti oksidan dan vitamin C tetapi dapat menghambat produksi asam folat yang dibutuhkan saat menyusui.

Sementara untuk teh herbal fenugreek memang dapat meningkatkan produksi ASI namun jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan diare dan gangguan perut pada bayi.

Namun apakah kita sama sekali harus menghindari semua jenis terbal yang ada? Tentu saja tidak, karena masih banyak teh herbal yang aman dikonsusmsi saat kita sedang dalam masa menyusui seperti teh herbal jahe dan teh herbal jelatang.

Jadi jika kita ingin mengkonsumsi teh herbal dari jahe, jangan menggunakan jahe yang kering (gunakan jahe segar). Dan untuk teh jelatang, Alfalfa yang terkandung dalam teh jelatang ini dapat meningkatkan jumlah ASI.

Amankah Mengkonsumsi Teh Herbal Selama Menyusui? | DuniaKebidanan.com | 4.5