Cara untuk Menunda Periode Haid

Loading...

Cara untuk Menunda Periode HaidDUNIAKEBIDANAN.COM – Periode menstruasi dapat menyebabkan beberapa masalah seperti sakit kepala, nyeri punggung atau kram.

Akibatnya, bagi mereka yang sering mengalami masalah diatas terkadang bermaksud untuk menunda atau mempercepat masa haid mereka.

Untuk mempercepat berlalunya siklus haid yang kurang menyenangkan ini, kita bisa mencoba banyak metode untuk menghentikan atau menunda periode menstruasi.

Dan berikut ini adalah beberapa metode untuk menghentikan periode haid ataupun untuk menunda sementara waktu saja.

1. Cara alami untuk menghentikan menstruasi

  • Minum banyak air atau jus
  • Makan kacang hijau (membantu dalam memperlambat datangnya periode menstruasi)
  • Mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran
  • Mencampur paket gelatin bersama-sama dengan air mineral
  • Minum dua atau tiga sendok teh cuka ke dalam segelas air mineral ( membantu memperlambat aliran menstruasi)
  • Menkonsumsi sedikit lemon dapat membantu untuk menghentikan sementara periode haid.

2. Menghentikan menstruasi dengan obat

• Ibuprofen

Ibuprofen yang bersifat analgesik (obat penghilang rasa sakit) dapat disarankan untuk menghentikan menstruasi. ibuprofen juga dapat membantu dalam mengurangi kram saat menstruasi. Kita dapat mengkonsumsi obat ini 2-3 kali perhari selama haid.

MENARIK:  Kenali Jenis-jenis Hormon Reproduksi Pada Wanita

Gunakan pil KB

Pil KB merupakan merupakan metode terbaik untuk menghentikan haid atau dalam mengendalikan kelahiran. Tapi sebelum anda mengkonsumsi Pil KB ini, sebaiknya anda konsultasikan dulu pada bidan atau dokter kandungan anda untuk mendapatkan jenis pil yang sesuai dengan kebutuhan anda, dosis yang tepat serta resiko yang mungkin dapat terjadi jika mengkonsumsi obat yang disarankan tersebut.

3. Menghentikan menstruasi dengan bedah

Menghentikan menstruasi dengan metode bedah harus atas rekomendasi ahli ginekolog anda. Hal ini dilakukan jika anda memiliki beberapa kondisi medis yang melibatkan perdarahan menstruasi berat seperti endometriosis atau uterine fibroid.
.
Ginekolog anda dapat mengusulkan histerektomi (operasi pengangkatan rahim). Dengan metode histerektomi ini akan menghentikan haid anda untuk selamanya.

Metode histerektomi ini biasa dilakukan jika perawatan bedah lainnya tidak berhasil, dan beberapa metode yang dimaksud adalah:

  • Miomektomi ( operasi pengangkatan leiomioma uteri ( fibroid)
  • Uterine arteri embolisasi
  • Ablasi endometrium

Sebenarnya msih banyak metode yang bisa menghentikan periode anda, tetapi beberapa metode lainnya mungkin tidak seefektif metode diatas.

MENARIK:  Apa Itu Obstetri?

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda jika ingin menempuh salah satu dari metode dalam menunda atau menghentikan periode menstruasi anda.